PENERAPAN FITUR DIRECT LINK PADA SISTEM MANAJEMEN PROYEK TUGAS AKHIR

Nurfadilah Hambali(1*), Satria Gunawan Zain(2), Abdul Wahid(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jmtik.v6i3.50257

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan sistem manajemen proyek tugas akhir di Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Hasil uji sistem manajemen proyek tugas akhir di Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar menggunakan standar ISO 25010. Berdasarkan pengujian sistem menggunakan standar ISO 25010 dengan delapan karakterisitik dapat dinyatakan telah memenuhi kriteria efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan mengacu pada model pengembangan prototyping yang merupakan metode dari pengembangan system development life cycles (SDLC). Hasil penelitian yang didapatkan ialah berupa hasil pengembangan sistem informasi tugas akhir (SIM-TA) dengan fitur direct link dengan hasil pengujian menggunakan standar ISO 25010 pada karakteristik functional suitability bernilai 1 (sangat baik), pada karakteristik reliability didapatkan tingkat reliability sebesar 100% (Memenuhi), pada karakteristik performance efficiency didapatkan nilai performance sebesar 95% (Grade A) dan fully load time 1,54 (dapat diterima), pada karakteristik usability didapatkan presentasi kelayakan 87,8% (sangat baik), pada karakteristik security tidak ditemukan adanya virus malware pada sistem informasi, pada karakteristik compability bernilai 1 (sangat baik), pada karakteristik portability bernilai 1 (sangat baik), dan maintainability telah memenuhi 3 stamdar aspek penilaian, sehingga dapat disimpulkan bahwa keseluruhan aspek yang diuji dan telah memenuhi standar kualitas sehingga sistem ini dapat diimplementasikan.


Keywords


Sistem informasi tugas akhir mahasiswa, Direct Link, ISO 25010

Full Text:

PDF

References


A. Sa, M. Rimbe, and I. Pendahuluan, “Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Tata Usaha ( SIMTU ) Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,” vol. 2, no. 2, pp. 21–26, 2023.

Moch. Irfan and H. A. Rusdiana, “Pustaka Setia Pustaka Setia,” Sist. Inf. Manaj., p. 200, 2014.

Fatoni, “Rancang Bangun Sistem Extreme Programming Sebagai Metodologi Pengembangan Sistem,” Prosisko, vol. 3, no. 1, pp. 1–4, 2018, [Online]. Available: http://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/PROSISKO/article/view/116

P. Anggaeni and B. Sujatmiko, “Sistem Informasi Tugas Akhir Berbasis Web (Studi Kasus D3 Manajemen Informatika Te Ft Unesa),” J. Manaj. Inform., vol. 2, no. 2, pp. 37–45, 2013.

F S Suwita, “Pengembangan Sistem Informasi Tugas Akhir dan Skripsi(SIMITA) di Universitas Komputer Indonesia(UNIKOM),” J. Teknol. dan Inf., vol. 10, no. 1, pp. 71–82, 2020, doi: 10.34010/jati.v10i1.

A. Lestari and H. Bakri, “Pengembangan Sistem Informasi Koperasi Pegawai Negeri Fisca Sari Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Parepare Berbasis Web,” vol. 1, no. 1, pp. 38–51, 2022.

A. I. Waworuntu, A. Imran, and S. G. Zain, “Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Akademik Berbasis Google Workspace Di SMA PERGIS YAPKI Maros,” INTEC J. Inf. Technol. Educ. J., vol. 1, no. 3, pp. 11–16, 2022.


Article Metrics

Abstract view : 73 times | PDF view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nurfadilah Hambali Hambali

Terindeks:

        

 

 

Diterbitkan Oleh:

Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer,

Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,

Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar,

Makassar, Telp. (0411) 889629

Email: jurnal.mediatik@unm.ac.id

 Creative Commons License
MediaTIK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Web Analytics View My Stats MediaTIK