Pengaruh Mentoring terhadap Emotional Wellbeing Mahasiswa Tahun Pertama

Dwi Rezky Anandari Sulaiman(1*), Nurul Mukhlisah Abdal(2), Wirawan Setialaksana(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jmtik.v6i1.47304

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mentoring terhadap emotional wellbeing mahasiswa tahun pertama. Sampel penelitian terdiri dari 121 mahasiswa angkatan 2022 yang telah mengikuti kegiatan mentoring di Jurusan Teknik Informatika dan Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang mengukur tingkat emotional wellbeing mahasiswa. Metode analisis yang digunakan, yaitu regresi linear sederhana untuk menguji pengaruh variabel mentoring terhadap emotional wellbeing, dengan mengontrol faktor-faktor lain yang mungkin mempengaruhi hasilnya. Nilai signifikansi (Sig.) sebesar .000 yang mana lebih kecil dari probabilitas 0,05. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya, ada pengaruh sikap terhadap mentoring dengan emotional wellbeing pada mahasiswa tahun pertama. Hal tersebut, membuktikan bahwa pentingnya program mentoring dalam meningkatkan emotional wellbeing mahasiswa tahun pertama. Hasil penelitian ini dapat memberikan rekomendasi kepada institusi pendidikan untuk memberikan perhatian lebih pada implementasi program mentoring yang efektif guna mendukung emotional wellbeing mahasiswa tahun pertama. Studi lanjutan juga dapat mengeksplorasi faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi hubungan antara mentoring dan emotional wellbeing dengan menggunakan metode analisis regresi yang lebih kompleks.

Keywords


Mentoring; Emotional Wellbeing; Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Bostani Khalesi, Z., Dehghan-Nayeri, N., Shahsavari, H., & Pishgooie, A. H. (2020). The relationship between emotional intelligence and anxiety in medical students. BMC medical education, 20(1), 1-7.

Bourdélat-Parks, B. W., Bourdélat-Parks, B. E., & Stevenson, R. A. (2020). Exploring First-Year College Students' Perceptions of Meaningful Experiences. Journal of College Student Development, 61(3), 359-375. doi: 10.1353/csd.2020.0032

Brinkman, S. A., & Gilbert, H. (2019). First-Year College Students' Transition Experiences: A Qualitative Exploration. Journal of Higher Education Policy and Management, 41(5), 535-549. doi: 10.1080/1360080X.2019.1634506

Hambleton, R. K., Merenda, P. F., & Spielberger, C. D. (Eds.). (2005). Adapting educational and psychological tests for cross-cultural assessment. London: Psychology Press.

Ibrahim, F., Mahmood, Z., & Ishak, N. M. (2018). Emotional intelligence and student adaptation to university life in Malaysia. Social Sciences, 7(3), 34.

Idris, M. A., & Dollah, M. A. M. (2018). Emotional Wellbeing and Its Predictors among First-Year Undergraduate Students in Malaysia. International Journal of Adolescence and Youth, 23(3), 287-297. doi: 10.1080/02673843.2017.1322247

Keyes, C. L. M. (2005). Mental illness and/or mental health? Investigating axioms of the complete state model of health. Journal of Consulting and Clinical Psychology, 73(3), 539-548.

Kram, K. E. (1985). Mentoring at work: Developmental relationships in organizational life. Glenview, IL: Scott, Foresman and Company.

Snyder, C. R., & Lopez, S. J. (2017). APA Handbook of Positive Psychology. American Psychological Association.

Sipe, S., & Johnson, W. B. (2012). Mentoring in academic medicine. Journal of general internal medicine, 27(3), 373-378.

Stewart-Brown, S., Tennant, A., Tennant, R., Platt, S., Parkinson, J., & Weich, S. (2009). The Short Warwick-Edinburgh Mental Well-being Scale (WEMWBS): A Rasch analysis using data from the Scottish Health Education Population Survey. Health and Quality of Life Outcomes, 7(1), 15. doi: 10.1186/1477-7525-7-15

Zheng, X., Zhu, W., Zhao, H., & Chen, H. (2021). Psychological Well-Being and Its Predictors among First-Year University Students in China: A Cross-Sectional Study. Frontiers in Psychiatry, 12, 632936. doi: 10.3389/fpsyt.2021.632936

Zhou, M., Brown, R. L., & Liao, L. (2020). Peer mentoring and emotional wellbeing in college students with depression and anxiety. Journal of American College Health, 68(2), 153-160.


Article Metrics

Abstract view : 122 times | PDF view : 28 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dwi Rezky Anandari Sulaiman, Nurul Mukhlisa Abdal, Wirawan Setialaksana

Terindeks:

        

 

 

Diterbitkan Oleh:

Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer,

Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,

Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar,

Makassar, Telp. (0411) 889629

Email: jurnal.mediatik@unm.ac.id

 Creative Commons License
MediaTIK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Web Analytics View My Stats MediaTIK