Rancang Bangun Media Pembelajaran Analisis Data pada Mata Pelajaran Informatika Kurikulum Merdeka

LISDA NURSANTI(1*), MUHAMAD AFIF EFFINDI(2), MUHAMMAD IMRON ROSADI(3),

(1) Universitas Trunojoyo Madura
(2) Universitas Trunojoyo Madura
(3) Universitas Yudharta Pasuruan
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jmtik.v6i3.47283

Abstract


Media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dibutuhkan atas dasar sebagai alat pembantu apabila terjadi ketidakjelasan saat guru menyampaikan materi atau terdapat kekurangan dalam mengucapkan kalimat pada materi yang sedang dijelaskan. Media pembelajaran sebagai penunjang tercapainya tujuan pembelajaran sesuai dengan Capaian Pembelajaran yang telah ditetapkan oleh Kemedikbudristek pada mata pelajaran Informatika. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan rancang bangun media pembelajaran materi Analisis Data pada mata pelajaran Informatika Kurikulum Merdeka. Penelitian ini dilakukan agar dapat meningkatkan pemahaman, minat belajar, dan hasil belajar peserta didik terkait dengan materi yang disampaikan oleh guru. Selain itu media pembelajaran dibuat sesuai dengan kebutuhan dalam materi Analisis Data. Diharapkan adanya media pembelajaran ini mampu membuat pembelajaran lebih inovatif dan variatif, serta pemanfaatan teknologi informasi untuk media pembelajaran yang sesuai dengan penerapan Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan (Ivers & Barron 2002) menggunakan software yang digunakan untuk pembuaatan produk adalah Microsoft PowerPoint, I-Spring Suite 10 dan Website 2 APK Build. Hasil dari penelitian ini yaitu media pembelajaran Analisis Data berbasis android menggunakan Blackbox Testing memberikan hasil bahwa produk yang dirancang berjalan sesuai dengan hasil yang diharapkan dan sangat layak digunakan ketika proses belajar mengajar.


Keywords


Media Pembelajaran, Analisis Data, Informatika, Kurikulum Merdeka

Full Text:

PDF PDF

References


R. D. Parinduri, Supriadi, S. Zakir, and R. Okra, “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Powerpoint Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Informatika Kelas X SMAN 2 Padangsidempuan,” J. Ilmu Pendidik., vol. 3, no. 1, pp. 558–564, 2022.

S. Pratasik and B. M. Ahyar, “Pengembangan Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Informatika MTS,” EduTIK J. Pendidik. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 2, no. 3, pp. 359–373, 2022, [Online]. Available: http://ejurnal.unima.ac.id/index.php/edutik/article/view/5282

R. R. Sari, A. Pratama, and A. A. Samudra, “Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Informatika Di SMKN 1 Lembah Gumanti,” J. Pendidik. dan Konseling, vol. 4, no. 5, pp. 409–412, 2022, [Online]. Available: https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf

D. R. Pimentel, N. J. Horton, and M. H. Wilkerson, “Tools to Support Data Analysis and Data Science in K-12 Education,” 2022.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, EdisiKe-1. Yogyakarta: Alfabeta, 2019.

H. Dwi Surjono, Multimedia Pembelajaran Interaktif Konsep dan Pengembangan, Edisi Pert. Yogyakarta: UNY Press, 2017.

T. R. A., “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Metode Ivers & Barron,” J. TIKA Fak. Ilmu Komput. Univ. Almuslim, vol. 7, no. 2, pp. 179–188, 2022.

A. P. Putra, F. Andriyanto, Karisman, T. D. M. Harti, and W. Puspitasari, “Pengujian Aplikasi Point Of Sale Berbasis Web Menggunakan Blackbox Testing,” J. Bina Komput., vol. 2, no. 1, pp. 74–78, 2020, doi: 10.33557/binakomputer.v2i1.757.

M. O. Worang, V. P. Rantung, and M. T. Parinsi, “Media Pembelajaran Berbasis Multimedia untuk Mata Kuliah Multimedia,” Edutik J. Pendidik. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 1, no. 5, pp. 581–590, 2021, doi: 10.53682/edutik.v1i5.2919.


Article Metrics

Abstract view : 267 times | PDF view : 16 times PDF view : 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 LISDA NURSANTI, MUHAMAD AFIF EFFINDI, MUHAMMAD IMRON ROSADI

Terindeks:

        

 

 

Diterbitkan Oleh:

Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer,

Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,

Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar,

Makassar, Telp. (0411) 889629

Email: jurnal.mediatik@unm.ac.id

 Creative Commons License
MediaTIK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Web Analytics View My Stats MediaTIK