PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LINK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH BAHASA INGGRIS JURUSAN PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH

Nasrah Natsir(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jmtik.v6i1.47026

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk merancang suatu media pembelajaran berbasis link dengan menggunakan WordPress dan mengetahui efektivitas media pembelajaran yang telah dibuat apakah dapat meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jenis penelitian ini termasuk penelitian desain dan pemanfaatan media pembelajaran sedangkan subjek penelitian ini adalah media pembelajaran. Media pembelajaran ini dibuat melalui beberapa tahapan, dimulai dari tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. Uji coba produk penelitian ini melalui beberapa proses yaitu uji ahli, uji teman sejawat dan uji kelompok. Informan pada penelitian ini adalah dosen mata kuliah dan mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dalam bentuk wawancara dan kusioner sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif. Perancangan media pembelajaran berbasis link dilakukan dengan mendesain sebuah web untuk diterapkan dalam proses pembelajaran. Teknik pemanfaatannya dilakukan dengan cara mengaplikasikan media pembelajaran dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil uji ahli, uji teman sejawat, dan uji kelompok dapat diketahui bahwa media pembelajaran ini telah memenuhi persyaratan untuk diterapkan pada proses pembelajaran. Hal ini dapat dilihat pada hasil uji coba uji ahli yang menyatakan bahwa media pembelajaran ini telah layak untuk digunakan sebagai alat bantu dalam pembelajaran, hasil uji teman sejawat dalam bentuk wawancara menyatakan bahwa media pembelajaran ini menarik, interaktif dan bersifat user friendly, serta hasil uji kelompok dengan gain 355 yang menyatakan bahwa media pembelajaran ini meningkatkan minat belajar mahasiswa dengan persentasi 9,47 %.


Keywords


Media Pembelajaran, Berbasis Link, WordPress, Bahasa Inggris

Full Text:

PDF

References


Aina Mulyana. 2012. Minat Belajar (Pengertian Minat Belajar), (online), (http://ainamulyana.blogspot.com/2012/02/minat-belajar.html, diakses 20 Januari 2023).

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Arsyad Riyadi. 2011. Pengertian, Prinsip dan Peran E-Learning dalam Pendidikan,(online),(http://arsyadriyadi.blogspot.com/2011/06/pengertian-prinsip-dan-peran-e-learning.html, diakses 22 Feberuari 2023).

Benny A. Pribadi. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Dian Rakyat.

Dony Purnomo. 2012. Pengertian Minat Belajar,(online), (http://pinterdw.blogspot.com/2012/03/pengertian-minat-belajar.html, diakses 25 Maret 2023)

Effendi, E, Zhuang, H. (2005). E-Learning, Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta; Andi Offset

Firdaus Arrafi. 2011. Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Moodle Pada Mata Kuliah Manajemen Industri Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar: Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar.

M. Buchori. 1999. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Meilani Kasim. 2009. Makalah Masalah Pendidikan di Indonesia, (online), (http://meilanikasim.wordpress.com/2009/03/08/makalah-masalah-pendidikan-di-indonesia/, diakses 27 Maret 2023).

Moh. Uzer Usman. 2001. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Munir. 2008. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Penerbit Penerbit Alfabeta.

Sadiman, Arief S., Rahardjo, R., Haryono, Anung, dan Raharjito. 2009. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Sanaky, H. 2011. Media Pembelajaran Buku Pegangan Wajib Guru dan Dosen. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Sudjana, Djudju. 2007. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan Bagian 2 Ilmu Pendidikan Praktis. Bandung : Pt. Imperial Bhakti Utama.

Syahirul, Alim. 2010. Membangun E-Learning Berbasis Intranet Menggunakan Moodle 1.9.5 di SMA Negeri 1 Sidayu Gresik. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Wibowo, Thomas, 2005, Pendayagunaan Media Pembelajaran, Jurnal Pendidikan Penabur, Tasikmalaya.

Gartner, W.B. (2002). What are we talking about when we talk about entrepreneurship? Journal of Business VenturingVolume 5, Issue 1.

Henry, C., Hill, F., dan Leitch,C., (2005) "Entrepreneurship education and training: can entrepreneurship be taught? Part I", Education + Training, Vol. 47 Iss: 2, pp.98 - 111

Landis, J. R., & Koch, G. G. (1977). The measurement of observer agreement for categorical data. Biometrics, 33, 159-174.

Lessem, R. 1992. Intrapenuership; How to be an Enterprising Individual in a Successful Business. England: Gower Publishing Company.

Maroney, Kevin (2001). My Entire Waking Life. The Games Journal. Retrieved 2008-08-17

Peabody. 2005. Lucky or Smart?; secret to an Entrepreneural life. NY: Random House.

Ratnawati, D. 2005. Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Pengetahuan Wiraswasta dan Pembinaan Jiwa Wiraswasta Siswa Kelas III Jurusan Bangunan Smk Negeri 3 Semarang. Skripsi.Semarang:UNS.

Riyanti, B. P. D. 2003. Kewirausahaan Dari Sudut Pandang Psikologi Kepribadian. Jakarta:PT. Grasindo.

Salen, K.&Zimmerman, E. (2003). Rules of Play: Game Design Fundamentals. MIT Press. p. 80. ISBN 0-262-24045-9

Santrock, J. W. 2002. Life-Span Development. Alih bahasa Juda Damanik, Achmad Chusairi. Jakarta: Erlangga.

Schine, G. 2003. How to Successful as a life style entreperneur. Chicago, IL:Dearbon Trade Publishing.

Sternberg. J.R. 2008. Psikologi Kognitif, edisi keempat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wortham, S.C. (2008).Assessment in Early Childhood Education. Upper Saddle River, N.J.,Pearson Merril.


Article Metrics

Abstract view : 86 times | PDF view : 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nasrah Natsir

Terindeks:

        

 

 

Diterbitkan Oleh:

Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer,

Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,

Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar,

Makassar, Telp. (0411) 889629

Email: jurnal.mediatik@unm.ac.id

 Creative Commons License
MediaTIK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Web Analytics View My Stats MediaTIK