Pengembangan Flipped Classroom sebagai Model Pembelajaran di Era Digital

Nurhijrah Nurhijrah(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jmtik.v6i1.46717

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang model pembelajaran flipped classroom yang diterapkan dalam mata kuliah Teknik menghias kain. Metode penelitian yang digunakan adalah Desain Berbasis Penelitian (Design-Based Research). Penelitian ini melibatkan beberapa tahap, yaitu perencanaan, perancangan, evaluasi formatif, revisi, desain ulang, dan evaluasi sumatif yang melibatkan dua pakar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran flipped classroom dapat diimplementasikan dalam enam tahap kegiatan, dua tahap sebelum kelas (keterampilan berpikir tingkat rendah) dan empat tahap di dalam kelas (keterampilan berpikir tingkat tinggi). Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inovatif flipped classroom memiliki potensi untuk diterapkan dalam proses belajar-mengajar di perguruan tinggi, dengan tujuan membangun budaya belajar mandiri dan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Studi ini juga diharapkan dapat memberikan masukan kepada Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti) atau pembuat kebijakan untuk merekomendasikan flipped classroom sebagai model pembelajaran kontemporer di institusi pendidikan tinggi di Indonesia.

Keywords


Flipped classroom; Model pembelajaran; Era digital

Full Text:

PDF

References


I. &. H. T. Sari, “Pengembangan Metode Flipped Classroom dalam Pendidikan Agama Islam: Solusi Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif: J, 4(4), 5744-53,” Jurnal Ilmu Pendidikan Edukatif, vol. 4, no. 4, pp. 44-53, 2022.

M. D. Rusnawati, “Implementasi Flipped Classroom terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Siswa,” Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, vol. 4, no. 1, pp. 139-150, 2020.

E. M. Sohaya, Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flipped Classroom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris, Medan: (Doctoral dissertation, UNIMED)., 2021.

Y. R. &. I. R. E. (. Patandean, Flipped Classroom: Membuat Peserta Didik Berpikir Kritis, Kreatif, Mandiri, dan Mampu Berkolaborasi dalam Pembelajaran yang Responsif., Penerbit Andi, 2021.

N. L. S. I. W. &. T. I. N. Sudewi, “Studi komparasi penggunaan model pembelajaran problem based learning (pbl) dan kooperatif tipe group investigation (gi) terhadap hasil belajar berdasarkan taksonomi Bloom.,” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesi, vol. 4, no. 1, 2014.

F. Wang, “Design-based research and technology-enhanced learning environments.,” Educational technologoy research and development, vol. 53, no. 4, pp. 5-23, 2005.

Z. Zainuddin, “Blended learning method within Indonesian higher education institutions.,” Jurnal Pendidikan Humaniora,, vol. 6, no. 2, pp. 69-77, 2018.

KIm, “The experience of three flipped classrooms in an urban university:An exploration of design principles,” The Internetand Higher Education, vol. 22, pp. 37-50.


Article Metrics

Abstract view : 65 times | PDF view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nurhijrah Nurhijrah

Terindeks:

        

 

 

Diterbitkan Oleh:

Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer,

Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,

Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar,

Makassar, Telp. (0411) 889629

Email: jurnal.mediatik@unm.ac.id

 Creative Commons License
MediaTIK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Web Analytics View My Stats MediaTIK