Rancangan Pembelajaran Berbantuan Google Meet dan WhatsApp serta Efektivitasnya dalam Pembelajaran Matematika

Fadhil Zil Ikram(1), Rosidah Rosidah(2*),

(1) Universitas Sulawesi Barat
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jmtik.v6i1.46572

Abstract


WhatsApp dan Google Meet merupakan dua aplikasi yang jika dikombinasikan dapat membantu keberhasilan pembelajaran matematika dan memaksimalkan hasil belajar siswa atau mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancangan pembelajaran matematika berbantuan Google Meet dan WhatsApp yang dirancang oleh dosen dan menguji efektivitas dari rancangan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian mixed methods dengan desain sequential exploratory di mana peneliti terlebih dahulu melaksanakan penelitian kualitatif (pada penelitian ini yaitu studi kasus) kemudian dilanjutkan dengan penelitian kuantitatif (pada penelitian ini yaitu eksperimen semu). Penelitian studi kasus melibatkan seorang dosen yang masih tetap menggunakan pembelajaran online sebagai salah satu alternatif sedangkan partisipan pada penelitian kuantitatif adalah kelas yang diajar oleh dosen yang bersangkutan. Kriteria keefektifan dalam penelitian ini adalah mean dari skor tes matematika mahasiswa yang lebih dari 65. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dosen telah merancang secara sistematis pembelajaran matematika online berbantuan WhatsApp dan Google Meet dimulai dari kegiatan pendahuluan atau pembuka, inti, dan penutup. hasil analisis statistika deskriptif menunjukkan bahwa mean dari skor mahasiswa yang mengikuti pembelajaran online tersebut adalah 79,15 dengan standar deviasi 16,16. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa pembelajaran matematika berbantuan Google Meet dan WhatsApp efektif untuk diterapkan.

Keywords


rancangan pembelajaran, Google Meet, WhatsApp, Pembelajaran Matematika

Full Text:

PDF

References


N. Latifah, A. A. Wulandari, and S. Suratno, “MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN GOOGLE MEET,” Absis Math. Educ. J., vol. 2, no. 2, p. 46, Mar. 2021, doi: 10.32585/absis.v2i2.1089.

A. N. Bahasoan, Wulan Ayuandiani, Muhammad Mukhram, and Aswar Rahmat, “Effectiveness of Online Learning In Pandemic Covid-19,” Int. J. Sci. Technol. Manag., vol. 1, no. 2, pp. 100–106, Jul. 2020, doi: 10.46729/ijstm.v1i2.30.

A. Bakker and D. Wagner, “Pandemic: lessons for today and tomorrow?,” Educ. Stud. Math., vol. 104, no. 1, pp. 1–4, May 2020, doi: 10.1007/s10649-020-09946-3.

J. Engelbrecht, S. Llinares, and M. C. Borba, “Transformation of the mathematics classroom with the internet,” ZDM, vol. 52, no. 5, pp. 825–841, Oct. 2020, doi: 10.1007/s11858-020-01176-4.

P. T. Febrianto, S. Mas’udahdah, and L. A. Megasari, “Implementation of Online Learning during the Covid-19 Pandemic on Madura Island, Indonesia,” Int. J. Learn. Teach. Educ. Res., vol. 19, no. 8, pp. 233–254, Aug. 2020, doi: 10.26803/ijlter.19.8.13.

M. T. Hebebci, Y. Bertiz, and S. Alan, “Investigation of Views of Students and Teachers on Distance Education Practices during the Coronavirus (COVID-19) Pandemic,” Int. J. Technol. Educ. Sci., vol. 4, no. 4, pp. 267–282, Sep. 2020, doi: 10.46328/ijtes.v4i4.113.

R. Kamsurya, “Learning Evaluation of Mathematics during the Pandemic Period COVID-19 in Jakarta,” Int. J. Pedagog. Dev. Lifelong Learn., vol. 1, no. 2, p. ep2008, Jul. 2020, doi: 10.30935/ijpdll/8439.

M. Mailizar, A. Almanthari, S. Maulina, and S. Bruce, “Secondary School Mathematics Teachers’ Views on E-learning Implementation Barriers during the COVID-19 Pandemic: The Case of Indonesia,” Eurasia J. Math. Sci. Technol. Educ., vol. 16, no. 7, p. em1860, May 2020, doi: 10.29333/ejmste/8240.

H. Morgan, “Best Practices for Implementing Remote Learning during a Pandemic,” Clear. House J. Educ. Strateg. Issues Ideas, vol. 93, no. 3, pp. 135–141, May 2020, doi: 10.1080/00098655.2020.1751480.

M. J. Sá and S. Serpa, “The Global Crisis Brought about by SARS-CoV-2 and Its Impacts on Education: An Overview of the Portuguese Panorama,” Sci. Insights Educ. Front., vol. 5, no. 2, pp. 525–530, Mar. 2020, doi: 10.15354/sief.20.ar039.

D. Y. Yuliarti, T. Trisniawati, and M. T. M. Titi Muanifah, “ANALISIS PEMBELAJARAN DARING MELALUI MEDIA WHATSAPP TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV,” TRIHAYU J. Pendidik. Ke-SD-An, vol. 8, no. 2, pp. 1351–1359, Jan. 2022, doi: 10.30738/trihayu.v8i2.11822.

M. Mukhni, M. Mirna, and K. Khairani, “PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMA,” Hipotenusa J. Res. Math. Educ. HJRME, vol. 3, no. 1, pp. 1–9, Feb. 2020, doi: 10.36269/hjrme.v3i1.181.

A. Anzora, I. Aryani, N. Nurlaila, and A. Irfan, “Identifikasi Pemahaman Guru Tentang Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pembelajaran Matematika,” J. Dedik. Pendidik., vol. 4, no. 2, pp. 333–342, 2020.

F. Z. Ikram and R. Rosidah, “Rural vs Urban: Teachers’ Obstacles and Strategies in Mathematics Learning During COVID-19 Pandemic,” Southeast Asian Math. Educ. J., vol. 10, no. 2, pp. 69–74, Dec. 2020, doi: 10.46517/seamej.v10i2.107.

N. Nurfaizah, S. Raharjo, and H. Saleh, “Efektivitas Pembelajaran Matematika Berbasis WhatsApp ditinjau dari Hasil Belajar Siswa (Masa Pandemi COVID-19),” ARITMATIKA J. Ris. Pendidik. Mat., vol. 2, no. 2, pp. 100–115, 2021.

E. A. Rahayu Putri and N. Sholikhah, “Perbedaan Efektivitas Pembelajaran Berbasis Platform Whatsapp Group dan Google Meet Pada Siswa di Masa Pandemi Covid-19,” EDUKATIF J. ILMU Pendidik., vol. 3, no. 6, pp. 4456–4469, Oct. 2021, doi: 10.31004/edukatif.v3i6.1326.

E. A. Husna, M. Mardiana, and I. Wirevenska, “EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI WHATSAPP GROUP DITINJAU DARI HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP IT MUTIA RAHMA,” J. Serunai Mat., vol. 13, no. 1, pp. 09–15, Apr. 2021, doi: 10.37755/jsm.v13i1.352.

M. S. Y. Teto and M. L. Pule, “Analisis Penggunaan Media Sosial dalam Pembelajaran Matematika,” ASIMTOT J. Kependidikan Mat., vol. 4, no. 1, pp. 13–21, 2022.

U. Hatanti, I. Holisin, and E. Suprapti, “Penerapan Metode Pembelajaran Flipped Classroom dengan Pendekatan Saintifik Berbantuan Aplikasi WhatsApp dalam Pembelajaran Matematika,” J. Educ. Teach. JET, vol. 3, no. 1, pp. 12–23, Nov. 2021, doi: 10.51454/jet.v3i1.121.

I. Hayati, “PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN MATAKULIAH MATEMATIKA EKONOMI MELALUI MEDIA WHATSAPP GROUP,” Al-Rabwah, vol. 15, no. 01, pp. 26–35, Jun. 2021, doi: 10.55799/jalr.v15i01.73.

N. N. Suastini, “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN APLIKASI GOOGLE MEET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN LKS DALAM PEMBELAJARAN OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS VII H SMP NEGERI 3 ABIANSEMAL TAHUN PELAJARAN 2020/2021,” Oct. 2021, doi: 10.5281/ZENODO.5576128.

M. H. Hasanah, A. A. Wulandari, and N. Rusidah, “Google Meet dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XII IPS-3 SMAN 1 Tawangsari,” JP2M J. Pendidik. Dan Pembelajaran Mat., vol. 7, no. 1, pp. 1–9, Mar. 2021, doi: 10.29100/jp2m.v7i1.1828.

N. K. Yatini, “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN GOOGLE MEET UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA,” May 2022, doi: 10.5281/ZENODO.6575142.

N. F. Trisnawati, M. Fathurrahman, and D. M. Basna, “ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA SMP MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN DARING BERBASIS GOOGLE MEET,” Prima Magistra J. Ilm. Kependidikan, vol. 3, no. 2, pp. 250–260, Apr. 2022, doi: 10.37478/jpm.v3i2.1773.

D. N. Hidayati and M. F. Lina, “Using WhatsApp Group & Google Meet during Online Class, Why Not?,” Elsya J. Engl. Lang. Stud., vol. 4, no. 3, pp. 280–293, Dec. 2022, doi: 10.31849/elsya.v4i3.9787.

D. R. Yuliawati, “OPTIMALISASI APLIKASI WHATSAPP DAN GOOGLE MEET UNTUK PENYAMPAIAN MATERI PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH,” WASIS J. Ilm. Pendidik., vol. 2, no. 1, pp. 62–67, May 2021, doi: 10.24176/wasis.v2i1.6162.

E. Nurlaeli, “Optimalisasi Penggunaan Aplikasi Whatsapp dan Google Meet Dalam Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19,” Edification J. Pendidik. Agama Islam, vol. 4, no. 1, pp. 127–136, 2021.

J. W. Creswell, Educational research: planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research, 4th ed. Boston: Pearson, 2012.

M. B. Miles, A. M. Huberman, and J. Saldaña, Qualitative data analysis: a methods sourcebook, Fourth edition. Los Angeles: SAGE, 2020.

I. K. Suwija and E. Hayati, “Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Aplikasi Google Classroom dengan Aplikasi Google Meet Berbantuan WhatsApp,” J. Santiaji Pendidik., vol. 11, no. 2, pp. 163–168, 2021.


Article Metrics

Abstract view : 78 times | PDF view : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Fadhil Zil Ikram, Rosidah Rosidah