Peningkatan Kreativitas Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL)

Israwati Hamsar(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jmtik.v6i1.46568

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki penerapan model Project Based Learning (PjBL) terhadap kreativitas mahasiswa. Project Based Learning merupakan kegiatan belajar dimana mahasiswa ikut ambil andil dalam project nyata yang menantang dan relevan dengan konteks kehidupan sehari-hari. Metode penelitian ini melibatkan tinjauan pustaka dan analisis data empiris dari berbagai penelitian sebelumnya yang telah dilakukan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 260 orang Mahasiswa Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga kekhususan tata rias, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, tes dilakukan sebanyak dua kali tes awal dan tes akhir, teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan uji prasyarat analisis dengan tujuan dapat mendeskripsikan kreativitas yang telah dilakukan oleh mahasiswa dari hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas mahasiswa mengalami peningkatan dengan adanya penerapan model pembelajaran project based learning

Keywords


project based learning; kreativitas; mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Menlo dan Fischer, “The effects of project-based learning on creative thinking: A secondary analysis of six PBL projects,” Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, vol. 3(1), hlm. 4–20, 2009.

Arikunto, Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktik (Edisi Revisi 6). Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Bransford, Brown, dan Cocking, How people learn: brain, mind, experience, and school. Washington: National Academy Press., 2006.

Setyaningsih, “Peningkatan kreativitas mahasiswa melalui penerapan model Project-Based Learning,” urnal Pendidikan Vokasi, vol. 7(2), hlm. 161-172..

Gardner, Intelligence reframed: Multiple intelligences for the 21st century. Basic Books, 1999.

Kim dan Nam, “The effects of project-based learning (PBL) on creativity in school science classes,” Journal of Science Education and Technology, vol. 22(6), hlm. 796–809, 2006.

Hung, W, “The 9-step problem design process for problem-based learning: Application of the 3C3R model,” Educational Research Review, vol. 3(2), hlm. 118–141, 2008.

Barrows dan Tamblyn, roblem-based learning: An approach to medical education. Springer Publishing Company., 1980.


Article Metrics

Abstract view : 62 times | PDF view : 118 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Israwati Hamsar