Analisis Penggunaan Syam Ok pada Pembelajaran Online di Universitas Negeri Makassar

Muhammad Haristo Rahman(1*), Andi Devina Yaritsha Darius(2), Muhammad Alif Leo(3), Hartini Ramli(4), Rifqa Awalia(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jmtik.v6i1.46567

Abstract


Alasan terbanyak mengapa mahasiswa banyak menggunakan internet karena metode pembelajaran yang menerapkan e-learning, sehingga pentingnya untuk dilihat atau di kaji lagi lebih mendalam dengan cara menggunakan persepsi mahasiswa mengenai mata kuliah yang dilaksanakan secara e-learning dengan SYAM-OK sebagai fasilitator penyedianya. Adapun maksud dari tujuan penelitian ini adalah untuk memperdalam pengetahuan tentang persepsi mahasiswa terhadap pelaksanaan mata kuliah Pemrograman Web bebasis e-learnin dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun populasi yang peneliti ambil dari penelitian ini adalah mahasiswa yang pernah atau tengah mengambil mata kuliah Pemrograman Web. Sampel penelitian berupa 55 mahasiswa Jurusan Teknik Informatika dan Komputer. Teknik pengumpulan data berupa Google Form dengan 10 pernyataan dan 1 saran sebagai opsional. Analisis data yang digunakan dalam penelitian berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pemberian kesimpulan. Hasil penelitian menampilkan sebagian besar mahasiswa mampu menjalankan mata kuliah Pemrograman Web secara e-learning dengan catatan optimalisasi penggunaan SYAM-OK sebagai fasilitatornya.

 


Keywords


Perception, E-learning, Syam-OK.

Full Text:

PDF

References


R. N. Rahmawati and I. M. Narsa, “Penggunaan e-learning dengan Technology Acceptance Model (TAM),” jitp, vol. 6, no. 2, pp. 127–136, Oct. 2019, doi: 10.21831/jitp.v6i2.26232.

V. D. K. Ompusunggu and N. Sari, “EFEKTIFITAS PENGGUNAAN E-LEARNING BERBASIS EDMODO TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA,” curere, vol. 3, no. 2, Nov. 2019, doi: 10.36764/jc.v3i2.250.

P. Shank, “Thinking Critically to Move e-Learning Forward”.

D. Balaji, F. A. Al-Mahri, and M. Balaji, “A Perspective Study on Content Management in E- Learning and M-Learning”.

A. Aurora and H. Effendi, “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-learning terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa di Universitas Negeri Padang,” JTEV, vol. 5, no. 2, p. 11, Dec. 2019, doi: 10.24036/jtev.v5i2.105133.

K. Wannemacher, “Functional Differentiation of Incentives for E-teaching at Universities. Current Developments in Technology-Assisted Education,” pp. 72–76, 2006.

R. C. Clark and R. E. Mayer, E-learning and the science of instruction: proven guidelines for consumers and designers of multimedia learning, Fourth edition. Hoboken: Wiley, 2016.

M. Gotthardt et al., “How to Successfully Implement E-learning for both Students and Teachers,” Academic Radiology, vol. 13, no. 3, pp. 379–390, Mar. 2006, doi: 10.1016/j.acra.2005.12.006.

Munir, “Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi Dan Kominukasi,” 2009.

A. Octaviani and H. S. Rizky, “PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA DAN PENERAPAN E-LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN TINGGI,” ProBank, vol. 4, no. 1, pp. 59–69, Apr. 2019, doi: 10.36587/probank.v4i1.449.

T. Rahamma and M. Nadjib, “INTENSITAS PENGGUNAAN E-LEARNING DALAM MENUNJANG PEMBELAJARAN MAHASISWA PROGRAM SARJANA (S1) DI UNIVERISTAS HASANUDDIN,” vol. 4, 2015.

A. H. Elyas, “PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN,” 2018.


Article Metrics

Abstract view : 189 times | PDF view : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muhammad Haristo Rahman, Andi Devina Yaritsha Darius, Muhammad Alif Leo, Hartini Ramli, Rifqa Awalia

Terindeks:

        

 

 

Diterbitkan Oleh:

Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer,

Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,

Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar,

Makassar, Telp. (0411) 889629

Email: jurnal.mediatik@unm.ac.id

 Creative Commons License
MediaTIK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Web Analytics View My Stats MediaTIK