Peningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan E-Learning Pada Mata Pelajaran TIK Kelas X di SMA Negeri 1 Rambah

Didi Suriyadi(1*), Agung Setiawan(2), Sri Wahyudi(3),

(1) STKIP Rokania
(2) STKIP Rokania
(3) STKIP Rokania
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jmtik.v6i2.46518

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya e-learning dan bagaimana penerapan e-learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK di SMA Negeri 1 Rambah. penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi Experimental Design dengan mengacu pada desain penelitian Time Series Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Rambah, sedangkan sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X. C yang berjumlah 35 siswa. Hasil penelitian dan analisis data dapat diketahui bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan setelah diterapkannya e-learning yaitu sebesar 33,72 dengan nilai persentase 105% untuk seri pertama, dan untuk seri kedua yaitu 50,9 dengan nilai persentase 155%. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil pre-test seri 1 mendapatkan nilai rata-rata 32,06 dan nilai rata-rata post-test seri 1 mendapatkan nilai 65,78, sedangkan pre-test seri 2 mendapatkan nilai rata-rata 32,83 dan nilai rata-rata post-test seri 2 yaitu 83,73. Selisih nilai antara post-test seri 1 dengan post-test seri 2 sebanyak 17,95 dengan nilai persentase 27%. Penerapan e- learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK kelas X dengan perhitungan besarnya pengaruh perlakuan mendapatkan nilai penerapan e-learning dapat menjadi salah satu cara dalam meningkatkan hasil belajar siswa, karena e-learning dapat membantu siswa dalam pembelajaran dan dapat digunakan kapanpun dan dimanapun pembelajaran ingin dilakukan.

Keywords


Penerapan; E-learning; Hasil Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


I. K. Suartama, E-learning Konsep dan Aplikasinya. Bali: Universitas Pendidikan Ganesa, 2014.

W. Sanjaya, Strategi Pembelajaran beroerientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia, 2016.

E. Wicaksana, “Efektifitas Pembelajaran Menggunakan Moodle Terhadap Motivasi Dan Minat Bakat Peserta Didik Di Tengah Pandemi Covid -19,” EduTeach J. Edukasi dan Teknol. Pembelajaran, vol. 1, no. 2, pp. 117–124, 2020, doi: 10.37859/eduteach.v1i2.1937.

D. Wahyuningsih, E-learning : Teori dan Aplikasi. Bandung: Informatika, 2017.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. hal 34., 2017.

A. Ashari, “Penerapan Metode Times Series Dalam Simulasi Forecasting Perkembangan Akademik Mahasiswa,” Inspir. J. Teknol. Inf. dan Komun, vol. 3, no. 2, 2013.

O. Hamalik, Media Pendidikan,. Bandung: Citra Aditya Bakti. hal 5., 2009.

Nana S., Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, 21st ed. Jakarta: Rosdakarya, 2017.

A. Z. Nu’man, “Efektifitas penerapan e-learning model edmodo dalam pembelajaran pendidikan agama islam terhadap hasil belajar siswa (Studi Kasus: SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo),” DutaCom, vol. 7, no. 1, 2014.

M. R. Affandi, Y. B. Budi, and M. Widyawati, “Analisis efektivitas media pembelajaran e-learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa SMA pada pelajaran Fisika,” J. Pendidik. Fis, vol. 8, no. 2, pp. 150–157, 2020.


Article Metrics

Abstract view : 365 times | PDF view : 59 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Didi Suriyadi, Agung Setiawan, Sri Wahyudi