Media Pembelajaran Visme Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tingkat SMA

Andri Febriansyah(1*), Erliyen Nofrianda(2), Agung Setiawan(3), Sri Wahyudi(4),

(1) STKIP Rokania
(2) STKIP Rokania
(3) STKIP Rokania
(4) STKIP Rokania
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jmtik.v6i2.46401

Abstract


Dalam era digital saat ini, teknologi telah mengubah cara kita belajar dan mengajar. Banyak platform online yang memungkinkan pembelajaran dapat dilakukan dari mana saja dan kapan saja. Salah satu platform online yang digunakan sebagai media pembelajaran adalah Visme. Visme merupakan platform online yang dapat digunakan untuk membuat presentasi, infografis, dan materi pembelajaran interaktif lainnya. Media pembelajaran adalah salah satu faktor penting dalam mencapai hasil belajar yang optimal. Salah satu media pembelajaran yang banyak digunakan saat ini adalah Visme, yang merupakan platform online yang dapat digunakan untuk membuat presentasi, infografis, dan materi pembelajaran interaktif lainnya. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang komprehensif mengenai penggunaan media pembelajaran Visme dalam meningkatkan hasil belajar siswa tingkat SMA. Media pembelajaran Visme dapat memberikan dampak positif pada hasil belajar siswa di tingkat SMA. Penggunaan Visme hanya sebagai alat bantu pembelajaran, dan pendekatan yang tepat dan penggunaan yang terencana harus dilakukan untuk memaksimalkan dampak positifnya. Visme dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa di SMA karena Visme menyediakan berbagai fitur dan alat untuk membuat presentasi yang menarik dan mudah dipahami. Dengan menggunakan Visme, guru dapat membuat materi pembelajaran yang lebih interaktif dan menyenangkan, sehingga dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa.


Keywords


Media Pembelajaran; Visme; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Y. Guspriadi and N. Suhaili, “Pelaksanaan layanan informasi dengan metode blended learning dan presentation tools visme untuk meningkatkan pemahaman literasi digital peserta didik,” Couns. Humanit. Rev., pp. 44–51, 2021, [Online]. Available: http://bk.ppj.unp.ac.id/index.php/chr/article/view/531%0Ahttp://bk.ppj.unp.ac.id/index.php/chr/article/viewFile/531/304

S. B. Waluya, “Pelatihan Pembelajaran Matematika Kreatif dengan Pendekatan Konstruktivisme bagi Guru-Guru Sekolah Dasar YPII,” J. Abdimas, vol. 23, no. 1, pp. 1–7, 2019.

E. Eliyani, “Pengaruh Pendekatan Konstruktivisme Terhadap Kemampuan Memahami Teks Eksposisi Siswa Kelas X Sma Srijaya Negara Palembang,” Semin. Bhs. dan Sastra Indones., vol. 2, no. 1, pp. 199–212, 2020, [Online]. Available: http://conference.unsri.ac.id/index.php/sembadra/article/view/1660%0Ahttp://conference.unsri.ac.id/index.php/sembadra/article/download/1660/992

Subandi, “Qualitative Description as one Method in Performing Arts Study,” Harmonia, no. 19, pp. 173–179, 2011.

A. Elanda, A. S. Bakhri, Yudiana, and D. N. Rahayu, “Abdimas : Sistem dan Teknologi Informasi Abdimas : Sistem dan Teknologi Informasi,” Lppm Stmik Rosma, vol. 01, no. 01, pp. 7–12, 2021.

H. Wijaya and Arismunandar, “The Development of STAD Type Cooperative Learning Model Based on Social Media,” J. Jaffray, vol. Vol. 16, no. No. 2, pp. 175–196, 2018.

I. Riadi, A. Fadlil, F. Andrianto, A. Elvina, G. Fanani, and D. S. Nasution, “Penggunaan Teknologi Tools Powerpoint dan Canva untuk Media Informasi,” Aksiologiya J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 6, no. 2, p. 341, 2022, doi: 10.30651/aks.v6i2.11781.

R. Rudiyana, D. Widiawati, I. Laras, and S. Saepudin, “Implementasi Kurikulum dan Genre-Based Approach terhadap Pendidikan Karakter,” JIIP - J. Ilm. Ilmu Pendidik., vol. 5, no. 3, pp. 951–959, 2022, doi: 10.54371/jiip.v5i3.521.

A. Irawatie, Iswahyuni, T. T. Anagusti, and H. F. Afriani, “Analisis Konten Pembelajaran Mata Kuliah Wajib Universitas Berbasis Karakter Bela Negara,” J. IKRA-ITH Hum., vol. Vol. 5, no. No. 1 maret, pp. 128–139, 2021.

E. I. Maulana and K. Khotimah, “Eksperimen: Media Prezi untuk Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik tentang Kerajaan Islam di Indonesia,” SOSEARCH Soc. Sci. …, vol. 2, no. 1, pp. 31–39, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/sosearch/article/view/43024


Article Metrics

Abstract view : 214 times | PDF view : 291 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Andri Febriansyah, Erliyen Nofrianda, Agung Setiawan, Sri Wahyudi

Terindeks:

        

 

 

Diterbitkan Oleh:

Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer,

Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,

Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar,

Makassar, Telp. (0411) 889629

Email: jurnal.mediatik@unm.ac.id

 Creative Commons License
MediaTIK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Web Analytics View My Stats MediaTIK