Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Media Sosial untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa

Erliyen Nofrianda(1*), Andri Febriansyah(2), Agung Setiawan(3), Sri Wahyudi(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jmtik.v6i2.46399

Abstract


Model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams-Achievement Divisions) telah terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa. Namun, dalam era digital saat ini, penggunaan media sosial dapat menjadi alat yang efektif dalam mendukung model pembelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model ipembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis media isosial untuk meningkatkan pemahaman siswa. Penelitian iini imenggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi-experiment. Sampel penelitian adalah siswa kelas 9 di salah satu SMA di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis media sosial dapat meningkatkan pemahaman siswa secara signifikan dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Model pembelajaran ini juga membantu meningkatkan keterlibatan siswa dan keterampilan sosial mereka melalui penggunaan media sosial. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis media sosial dapat diintegrasikan dengan baik dalam sistem pembelajaran di sekolah, sehingga siswa dapat memperoleh manfaat maksimal dari model ini. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan masukan ibagi para guru idan pengembang kurikulum idalam pengembangan metode pembelajaran yang iinovatif dan efektif dalam meningkatkan kualitas pendidikan.


Keywords


Model Pembelajaran Kooperatif; Sosial Media; Pemahaman iSiswa

Full Text:

PDF

References


H. Wijaya and A. Arismunandar, “Pengembangan

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD

Berbasis Media Sosial,” J. Jaffray, vol. 16, ino.

, p. 175, 2018, doi: i10.25278/jj71.v16i2.302.

S. A’yun, D. A., Prihandono T., Wahyuni,“Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe

Stad Disertai Media Audio Visual Dalam

Pembelajaran Fisika Berbasis Multirepresentasi

Kelas iX,” iJ. pembelajaran Fis., vol. 1, no. 2,

ipp. 152–157, i2021.

W. N. Ainun and Raharjo, “Penerapan media

permainan kartu pintar berbasis model

pembelajaran ikooperatif itipe istudent iteam

achievement divisions untuk melatihkan

iketerampilan isosial idalam imeningkatkan ihasil

ibelajar isiswa,” iPensa iE-Jurnal i iPendidik. iSains,

ivol. i9, ino. i1, ipp. i85–89, i2021, i[Online].

iAvailable:

ihttps://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/vi

ew/38506

R. iR. iR. iSailendra iand i..., i“Efektivitas iMetode

iStad iBerbasis iMedia iSosial iPada iMata iPelajaran

iTeknik iAnimasi i2 iDimensi iDan i3 iDimensi,” iITEdu iJ. iInf. i…, ipp. i1–7, i2023, i[Online].

iAvailable: ihttps://ejournal.unesa.ac.id/index.php/itedu/article/view/50675

Jurnal MediaTIK : Jurnal Media Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer 82

Vol.6 No.2 (Mei 2023)

P–ISSN 2656-1247 and E-ISSN 2715-5919

Dedek iAndrian, iAstri iWahyuni, iSyarul iRamadhan,

iFini iRezy iEnabela iNovilanti, iand iZafrullah,

i“Pengaruh iPembelajaran iKooperatif iTipe iSTAD

iTerhadap iPeningkatan iHasil iBelajar, iSikap

iSosial, idan iMotivasi iBelajar,” iInomatika, ivol. i2,

ino. i1, ipp. i65–75, i2020, idoi:

i10.35438/inomatika.v2i1.163.

M. iTendrita iand iA. iP. iP. iSari, i“Penerapan

iModel iPembelajaran iKooperatif iTipe iStudent

iTeam iAchievement iDivision i(STAD) iDipadu

iRQA iBerbasis iLesson iStudy iuntuk iMeningkatkan

iMotivasi iBelajar idan iKemampuan iKomunikasi

iMahasiswa iPendidikan iBiologi iUniversitas iNegeri

iMalang,” iBioedusiana iJ. iPendidik. iBiol., ivol. i5,

ino. i1, ip. i1, i2020, idoi: i10.34289/bioed.v5i1.1427.

L. iPratiwi, i“PENGARUH iMEDIA

iPEMBELAJARAN iBERBASIS iKIMIA

iKOMPUTASI iMENGGUNAKAN iMODEL

iPEMBELAJARAN iKOOPERATIF iTIPE iSTAD

iTERHADAP iMOTIVASI iBELAJAR iPADA

iPOKOK iBAHASAN iIKATAN iKIMIA,” iJ.

iPendidik. iSos. idan iHum., ivol. i2, ino. i1, ipp.

i497–501, i2023.

R. iN. iJannah, iN. iL. iWulandari, iand iS. iBudi,

i“Pengalaman iBelajar iDaring iSiswa iBerkebutuhan

iKhusus iPada iPandemi iCovid-19 iDi iSd iInklusif,”

iElem. iIslam. iTeach. iJ., ivol. i8, ino. i2, ip. i359,

i2020, idoi: i10.21043/elementary.v8i2.8040.

A. iIrawati, iN. iHindaryatiningsih, iand iRamly,

i“Penerapan iModel iPembelajaran iKooperatif iTipe

iSTAD iuntuk iMeningkatkan iHasil iBelajar iSiswa

ipada iMata iPelajaran iAkuntansi iKelas iX,”

iAccount. iJ. iPendidik. iAkunt., ivol. i1, ino. i2, ipp.

i41–50, i2021, idoi: i10.36709/jpa.v1i2.7.

A. iD. iSeptianingrum, i“Integrasi iModel

iPembelajaran iKooperatif iTipe iSTAD idalam

iPembelajaran iIPS iuntuk iMengembangkan

iKarakter idi iSD iKelas iTinggi iAngel,” iJ. iIlm.

iWahana iPendidik., ivol. i9, ino. i3, ipp. i1–23,

i2023.


Article Metrics

Abstract view : 205 times | PDF view : 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Erliyen Nofrianda, Andri Febriansyah, Agung Setiawan, Sri Wahyudi

Terindeks:

        

 

 

Diterbitkan Oleh:

Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer,

Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,

Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar,

Makassar, Telp. (0411) 889629

Email: jurnal.mediatik@unm.ac.id

 Creative Commons License
MediaTIK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Web Analytics View My Stats MediaTIK