Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Media Sosial untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jmtik.v6i2.46399
Abstract
Model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams-Achievement Divisions) telah terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa. Namun, dalam era digital saat ini, penggunaan media sosial dapat menjadi alat yang efektif dalam mendukung model pembelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model ipembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis media isosial untuk meningkatkan pemahaman siswa. Penelitian iini imenggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi-experiment. Sampel penelitian adalah siswa kelas 9 di salah satu SMA di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis media sosial dapat meningkatkan pemahaman siswa secara signifikan dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Model pembelajaran ini juga membantu meningkatkan keterlibatan siswa dan keterampilan sosial mereka melalui penggunaan media sosial. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis media sosial dapat diintegrasikan dengan baik dalam sistem pembelajaran di sekolah, sehingga siswa dapat memperoleh manfaat maksimal dari model ini. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan masukan ibagi para guru idan pengembang kurikulum idalam pengembangan metode pembelajaran yang iinovatif dan efektif dalam meningkatkan kualitas pendidikan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
H. Wijaya and A. Arismunandar, “Pengembangan
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD
Berbasis Media Sosial,” J. Jaffray, vol. 16, ino.
, p. 175, 2018, doi: i10.25278/jj71.v16i2.302.
S. A’yun, D. A., Prihandono T., Wahyuni,“Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
Stad Disertai Media Audio Visual Dalam
Pembelajaran Fisika Berbasis Multirepresentasi
Kelas iX,” iJ. pembelajaran Fis., vol. 1, no. 2,
ipp. 152–157, i2021.
W. N. Ainun and Raharjo, “Penerapan media
permainan kartu pintar berbasis model
pembelajaran ikooperatif itipe istudent iteam
achievement divisions untuk melatihkan
iketerampilan isosial idalam imeningkatkan ihasil
ibelajar isiswa,” iPensa iE-Jurnal i iPendidik. iSains,
ivol. i9, ino. i1, ipp. i85–89, i2021, i[Online].
iAvailable:
ihttps://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/vi
ew/38506
R. iR. iR. iSailendra iand i..., i“Efektivitas iMetode
iStad iBerbasis iMedia iSosial iPada iMata iPelajaran
iTeknik iAnimasi i2 iDimensi iDan i3 iDimensi,” iITEdu iJ. iInf. i…, ipp. i1–7, i2023, i[Online].
iAvailable: ihttps://ejournal.unesa.ac.id/index.php/itedu/article/view/50675
Jurnal MediaTIK : Jurnal Media Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer 82
Vol.6 No.2 (Mei 2023)
P–ISSN 2656-1247 and E-ISSN 2715-5919
Dedek iAndrian, iAstri iWahyuni, iSyarul iRamadhan,
iFini iRezy iEnabela iNovilanti, iand iZafrullah,
i“Pengaruh iPembelajaran iKooperatif iTipe iSTAD
iTerhadap iPeningkatan iHasil iBelajar, iSikap
iSosial, idan iMotivasi iBelajar,” iInomatika, ivol. i2,
ino. i1, ipp. i65–75, i2020, idoi:
i10.35438/inomatika.v2i1.163.
M. iTendrita iand iA. iP. iP. iSari, i“Penerapan
iModel iPembelajaran iKooperatif iTipe iStudent
iTeam iAchievement iDivision i(STAD) iDipadu
iRQA iBerbasis iLesson iStudy iuntuk iMeningkatkan
iMotivasi iBelajar idan iKemampuan iKomunikasi
iMahasiswa iPendidikan iBiologi iUniversitas iNegeri
iMalang,” iBioedusiana iJ. iPendidik. iBiol., ivol. i5,
ino. i1, ip. i1, i2020, idoi: i10.34289/bioed.v5i1.1427.
L. iPratiwi, i“PENGARUH iMEDIA
iPEMBELAJARAN iBERBASIS iKIMIA
iKOMPUTASI iMENGGUNAKAN iMODEL
iPEMBELAJARAN iKOOPERATIF iTIPE iSTAD
iTERHADAP iMOTIVASI iBELAJAR iPADA
iPOKOK iBAHASAN iIKATAN iKIMIA,” iJ.
iPendidik. iSos. idan iHum., ivol. i2, ino. i1, ipp.
i497–501, i2023.
R. iN. iJannah, iN. iL. iWulandari, iand iS. iBudi,
i“Pengalaman iBelajar iDaring iSiswa iBerkebutuhan
iKhusus iPada iPandemi iCovid-19 iDi iSd iInklusif,”
iElem. iIslam. iTeach. iJ., ivol. i8, ino. i2, ip. i359,
i2020, idoi: i10.21043/elementary.v8i2.8040.
A. iIrawati, iN. iHindaryatiningsih, iand iRamly,
i“Penerapan iModel iPembelajaran iKooperatif iTipe
iSTAD iuntuk iMeningkatkan iHasil iBelajar iSiswa
ipada iMata iPelajaran iAkuntansi iKelas iX,”
iAccount. iJ. iPendidik. iAkunt., ivol. i1, ino. i2, ipp.
i41–50, i2021, idoi: i10.36709/jpa.v1i2.7.
A. iD. iSeptianingrum, i“Integrasi iModel
iPembelajaran iKooperatif iTipe iSTAD idalam
iPembelajaran iIPS iuntuk iMengembangkan
iKarakter idi iSD iKelas iTinggi iAngel,” iJ. iIlm.
iWahana iPendidik., ivol. i9, ino. i3, ipp. i1–23,
i2023.
Article Metrics
Abstract view : 205 times | PDF view : 18 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Erliyen Nofrianda, Andri Febriansyah, Agung Setiawan, Sri Wahyudi
Terindeks:
Diterbitkan Oleh:
Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer,
Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,
Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar,
Makassar, Telp. (0411) 889629
Email: jurnal.mediatik@unm.ac.id
MediaTIK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
View My Stats MediaTIK