Pengaruh Metode Blended Learning terhadap Keefektivitasan Hasil Belajar Mahasiswa Universitas Negeri Makassar

Fadhlirrahman Baso(1*), Alfiani Alfiani(2), A. Novia Ramadani(3), Nur Aisyah Mukhtar(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jmtik.v6i2.46019

Abstract


Perkembangan teknologi memiliki pengaruh yang cukup besar dalam bidang pendidikan. Hal itu dapat dilihat dari berbagai perkembangan dalam bidang pendidikan yang menerapkan teknologi dalam pelaksanannya, salah satunya dalam proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran daring yang dapat digunakan dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) yaitu blended learning. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode blended learning terhadap keefektifitasan hasil belajar mahasiswa Universitas Negeri Makassar. Peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menyebarkan angket untuk melihat validitas dari pembelajaran blended learning terhadap mahasiswa Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menunjukkan pro dan kontra terhadap metode pembelajaran blended learning.

Keywords


Blended Learning, Sekolah Online, Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Budinsihab. (2016). Pengaruh strategi blended learning terhadap hasil belajar mata kuliah sejarah pendidikan islam pada mahasiswa yang memiliki locus of controlberbeda. Vol 3 no 1:75.

Ermilla, M., & Samsul, H. (2020). Efektivitas Penggunaan Blended Learning dengan Platform Quipper School terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Biologi Kelas XI MIPA di SMAN 2 Selong. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 913.

Leny, D. H., Dwi, A. W. & Qorry, M. (2021). Efektivitas Blended Learning Berbasis LMS dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, Volume 5 Nomor 1.

Nasehudin, T. S., & Gozali, N. (2012). Metode penelitian kuantitatif.

Sarah, B., & Handaru, J. (2015). Efektivitas model blended learning terhadap motivasi dan tingkat pemahaman mahasiswa mata kuliah algoritma dan pemrograman. Jurnal Pendidikan Vokasi, 77.

Siska, P., Kulsum, N. H., & Ary , P. (2022). Penggunaan Model Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPS. JURNALBASICEDU, V6i1.2186.

Sulistiyani, P. R. (2020). Pengaruh blanded learning terhadap hasil belajar mata kuliah bimbingan konseling mahasiswa pgsd. Jurnalbasicedu, Vol 4 no 2.


Article Metrics

Abstract view : 120 times | PDF view : 59 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Fadhlirrahman Baso, Alfiani, A. Novia Ramadani, Nur Aisyah Mukhtar

Terindeks:

        

 

 

Diterbitkan Oleh:

Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer,

Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,

Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar,

Makassar, Telp. (0411) 889629

Email: jurnal.mediatik@unm.ac.id

 Creative Commons License
MediaTIK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Web Analytics View My Stats MediaTIK