Persepsi Mahasiswa Pada Penggunaan Program E-Learning Berbasis LMS Pada Masa Covid-19
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jmtik.v6i2.46000
Abstract
Berdasarkan penelitian empiris di negara berkembang khususnya Indonesia, e-learning pada masa COVID-19 mengakibatkan dua sisi konflik yaitu dampak negatif sebagai kemunduran dan dampak positif sebagai peningkatan. Dalam proses belajar mengajar matematika secara tatap muka, kita sering menemui masalah yang sulit terkait kurangnya motivasi dan minat dari siswa. Tujuan penelitian yaitu mengetahui persepsi mahasiswa pada penggunaan program e-learning berbasis LMS pada masa Covid-19. Metode penelitian yang digunakan pada penulisan artikel ini yaitu dengan menggunakan metode penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif (Quantitative Research). Pada penelitian ini, data diperoleh dengan penyebaran angket penelitian menggunakan platform online google form. Penelitian ini menunjukkan adanya beragam persepsi mahasiswa pada penggunaan program e-learning berbasis LMS pada masa Covid-19 yaitu; (1) Penggunaan LMS saat pembelajaran online dapat membuat pembelajaran menjadi lebih efektif, efisien, mudah, dan lebih menarik, serta materi yang disajikan atau disediakan di dalam LMS sudah lengkap. Selain itu, evaluasi yang dilaksanakan melalui LMS lebih mudah digunakan dan menjadikan siswa mampu belajar di luar jam pelajaran; (2) Pembelajaran online berbasis LMS membuat suasana pembelajaran tidak interaktif dan proses pembelajaran menjadi lebih rumit dan menyusahkan atau merepotkan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
S. P and M. Shahid, “WORK FROM HOME DURING COVID 19: EMPLOYEES PERCEPTION AND EXPERIENCES,” Glob. J. Res. Anal., vol. 9, no. 5, pp. 2277–8160, May 2020.
N. E. Sam and R. Idrus, “Pengembangan Media E-Learning Berbasis Learning Management System (LMS) di Era Pandemi Covid-19,” J. Basicedu, vol. 5, no. 5, pp. 4271–4280, Oct. 2021, doi: 10.31004/basicedu.v5i5.1503.
U. Rosmiati, S. Supratman, and S. T. Madawistama, “ELMA (E-Learning for Matheatics): Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis LMS (Learning Management System) sebagai Alternatif Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19,” JIPM J. Ilm. Pendidik. Mat., vol. 10, no. 2, p. 163, Oct. 2021, doi: 10.25273/jipm.v10i2.10051.
Y. Yuliana, “Analisis Keefektivitasan Pemanfaatan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Corona (Covid-19),” SALAM J. Sos. Dan Budaya Syar-I, vol. 7, no. 10, pp. 875–894, Sep. 2020, doi: 10.15408/sjsbs.v7i10.17371.
T. Muhammad, “PERANCANGAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM MENGGUNAKAN KONSEP COMPUTER SUPPORTED COLLABORATIVE LEARNING,” vol. 1, 2017.
I. W. P. Pratomo and R. Wahanisa, “Pemanfaatan Teknologi Learning Management System (LMS) di Unnes Masa Pandemi Covid-19,” 2021.
B. A. Alshorman and A. K. Bawaneh, “Attitudes of Faculty Members and Students towards the Use of the Learning Management System in Teaching and Learning,” Turk. Online J. Educ. Technol., vol. 17, no. 3, pp. 1–15, Jul. 2018.
A. Hamid, “KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG 2015,” 2015.
Article Metrics
Abstract view : 103 times | PDF view : 18 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Hartini Ramli, Andi Muh. Achyar AM, Nur Azizah Ayu Safanah, Ahmad Faris Al Faruq