Pengaruh Media E-Learning Berbasis Gamification Terhadap Minat Belajar Mahasiswa
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jmtik.v6i2.45762
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
P. Astuti and F. Febrian, “Blended Learning Syarah: Bagaimana Penerapan dan Persepsi Mahasiswa,” Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Matematika, vol. 4, no. 2, pp. 111–119, Nov. 2019, doi: 10.31629/jg.v4i2.1560.
I. C. Panis, P. Setyosari, D. Kuswandi, and L. Yuliati, “Design Gamification Models in Higher Education: A Study in Indonesia,” Int. J. Emerg. Technol. Learn., vol. 15, no. 12, p. 244, Jun. 2020, doi: 10.3991/ijet.v15i12.13965.
A. M. Suhara, I. Permana, and D. Firmansyah, “PENERAPAN E-LEARNING SOCRATIVE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA,” vol. 8, no. 2, p. 7, Sep. 2019, doi: http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/semantik/article/view/1476.
M. Kalogiannakis, S. Papadakis, and A.-I. Zourmpakis, “Gamification in Science Education. A Systematic Review of the Literature,” Education Sciences, vol. 11, no. 1, p. 22, Jan. 2021, doi: 10.3390/educsci11010022.
Z. Abidin, “PENERAPAN PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN,” vol. 1, no. 1, p. 20, 2016.
F. Marisa, T. M. Akhriza, A. L. Maukar, A. R. Wardhani, S. W. Iriananda, and M. Andarwati, “Gamifikasi (Gamification) Konsep dan Penerapan,” JOINTECS, vol. 5, no. 3, p. 219, Sep. 2020, doi: 10.31328/jointecs.v5i3.1490.
S. Wardana and E. M. Sagoro, “IMPLEMENTASI GAMIFIKASI BERBANTU MEDIA KAHOOT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR, MOTIVASI BELAJAR, DAN HASIL BELAJAR JURNAL PENYESUAIAN SISWA KELAS X AKUNTANSI 3 DI SMK KOPERASI YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019,” JPAI, vol. 17, no. 2, pp. 46–57, Dec. 2019, doi: 10.21831/jpai.v17i2.28693.
A. F. Kertz, T. M. Hill, J. D. Quigley, A. J. Heinrichs, J. G. Linn, and J. K. Drackley, “A 100-Year Review: Calf nutrition and management,” Journal of Dairy Science, vol. 100, no. 12, pp. 10151–10172, Dec. 2017, doi: 10.3168/jds.2017-13062.
I. Sulthoniyah, V. N. Afianah, K. R. Afifah, and S. Lailiyah, “Efektivitas Model Hybrid Learning dan Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar,” basicedu, vol. 6, no. 2, pp. 2466–2476, Feb. 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i2.2379.
R. Abdillah, A. Kuncoro, F. Erlangga, and V. Ramdhan, “Pemanfaatan Aplikasi Kahoot! dan Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Gamifikasi,” JPSK, vol. 2, no. 01, pp. 92–102, Feb. 2022, doi: 10.47709/jpsk.v2i01.1363.
J. R. Arif, A. Faiz, and L. Septiani, “Penggunaan Media Quiziz Sebagai Sarana Pengembangan Berpikir Kritis Siswa,” ED, vol. 4, no. 1, pp. 201–210, Dec. 2021, doi: 10.31004/edukatif.v4i1.1804.
M. Islami and Hadi Soekamto, “Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry Menggunakan Quizizz Multimedia Berbasis Gamification terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa,” JIPPG, vol. 5, no. 2, pp. 383–392, Aug. 2022, doi: 10.23887/jippg.v5i2.48338.
A. K. Yaniaja, H. Wahyudrajat, and V. Tashya, “PENGENALAN MODEL GAMIFIKASI KE DALAM E-LEARNING PADA PERGURUAN TINGGI,” vol. 1, no. 1, pp. 1–9, Nov. 2020.
F. Pradana, F. A. Bachtiar, and B. Priyambadha, “Penilaian Penerimaan Teknologi E-learning Pemrograman berbasis Gamification dengan Metode Technology Acceptance Model (TAM),” JTIIK, vol. 6, no. 2, p. 163, Feb. 2019, doi: 10.25126/jtiik.2019621288.
R. Fauzan, “PEMANFAATAN GAMIFICATION KAHOOT.IT SEBAGAI ENRICHMENT KEMAMPUAN BERFIKIR HISTORIS MAHASISWA PADA MATA KULIAH SEJARAH KOLONIALISME INDONESIA,” vol. 2, no. 1, p. 9, 2019.
L. Asria, D. R. Sari, S. A. Ngaini, U. Muyasaroh, and F. Rahmawati, “ANALISIS ANTUSIASME SISWA DALAM EVALUASI BELAJAR MENGGUNAKAN PLATFORM QUIZIZZ,” Alifmatika, vol. 3, no. 1, pp. 1–17, Feb. 2021, doi: 10.35316/alifmatika.2021.v3i1.1-17.
D. S. Sitorus and T. N. B. Santoso, “Pemanfaatan Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Game Pada Masa Pandemi Covid-19,” Scholaria, vol. 12, no. 2, pp. 81–88, May 2022, doi: 10.24246/j.js.2022.v12.i2.p81-88.
Article Metrics
Abstract view : 735 times | PDF view : 96 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Andika Isma, Della Fadhilatunisa, Muh. Juharman, Andi Shelma Putri Azzahra, Ahmad Faris Al Faruq
Terindeks:
Diterbitkan Oleh:
Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer,
Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,
Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar,
Makassar, Telp. (0411) 889629
Email: jurnal.mediatik@unm.ac.id
MediaTIK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
View My Stats MediaTIK