Pengaruh Game Edukasi Berbasis Educandy Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas V Pada SD 103 Bontompare

Nur Fakhrunnisaa(1*), Mardiawati Mardiawati(2),

(1) Institut Agama Islam Negeri Palopo
(2) Universitas Sembilanbelas November Kolaka
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jmtik.v6i1.45510

Abstract


Dewasa ini proses pembelajaran biasa disampaikan menggunakan media pembelajaran termasuk dalam melaksanakan evaluasi ataupun dalam melaksanakan ice breaking. Penggunaan game edukasi salah satu media yang dapat digunakan untuk evaluasi maupun ice breaking untuk melepas kejenuhan dalam pembelajaran, agar siswa kembali memiliki motivasi dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh game edukasi berbasis educandy terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas V pada SD 103 Bontompare. Jenis penelitiam yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan yaitu metode eksperimen menggunakan kelas eksperimen dan kelas control. Data motivasi belajar diperoleh dari hasil angket. Teknik analisis data menggunakan statistic deskriptif dan statistik inferensial. Subjek penelitian yaitu siswa kelas Va dan Vb. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game edukasi berbasis educandy tidak berpengarih terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas V pada SD 103 Bontompare, terdapat banyak factor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa.

Keywords


educandy; pengaruh game edukasi; PAI

Full Text:

PDF

References


R. C. Chick dkk., “Using the flipped classroom model in surgical education: efficacy and trainee perception,” J. Surg. Educ., vol. 78, no. 6, hlm. 1803–1807, 2021.

D. Hartanti, “Meningkatkan motivasi belajar siswa dengan media pembelajaran interaktif game kahoot berbasis hypermedia.” 2019.

B. Jamalpur, K. R. Chythanya, dan K. S. Kumar, A comprehensive overview of online education–Impact on engineering students during COVID-19. Materials Today: Proceedings, 2021.

H. Fitriani dan A. Syarkowi, “Motivasi belajar siswa SMA pada pembelajaran Fisika di Era New Normal,” J. Ilm. Pendidik. Fis., vol. 5, no. 3, hlm. 448–458, 2021.

R. U. Ikhtiarini, S. W. Utomo, dan N. W. Sulistyowati, “Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Akuntansi Dasar,” Tangible J., vol. 6, no. 1, hlm. 102–110, 2021.

Y. N. Febianti, “Peningkatan motivasi belajar dengan pemberian reward and punishment yang positif,” Edunomic J. Ilm. Pendidik. Ekon. Fak. Pendidik. Dan Sains, vol. 6, no. 2, hlm. 93–102, 2018.

I. Noervadila, “Pengaruh Gaya Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas X IPS Semester Genap di MA Fathus Salafi Tahun Pelajaran 2019/2020,” J. Ika Pgsd Ikat. Alumni Pgsd Unars, vol. 8, no. 1, hlm. 48–56, 2020.

R. Afandi, “Pengembangan media pembelajaran permainan ular tangga untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil belajar IPS di sekolah dasar,” JINoP J. Inov. Pembelajaran, vol. 1, no. 1, hlm. 77–89, 2015.

H. Rahmat dan M. Jannatin, “Hubungan Gaya Mengajar Guru Dengan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris,” El Midad, vol. 10, no. 2, hlm. 98–111, 2018.

W. Lestari, L. D. Pratama, dan J. Jailani, “Implementasi Pendekatan Saintifik Setting Kooperatif Tipe STAD Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Matematika,” AKSIOMA J. Mat. Dan Pendidik. Mat., vol. 9, no. 1, hlm. 29–36, 2018.

N. P. A. Krismony, D. P. Parmiti, dan I. G. N. Japa, “Pengembangan instrumen penilaian untuk mengukur motivasi belajar siswa SD,” J. Ilm. Pendidik. Profesi Guru, vol. 3, no. 2, hlm. 249–257, 2020.

D. D. Cahyono, M. K. Hamda, dan E. D. Prahastiwi, “PIMIKIRAN ABRAHAM MASLOW TENTANG MOTIVASI DALAM BELAJAR,” TAJDID J. Pemikir. Keislam. Dan Kemanus., vol. 6, no. 1, hlm. 37–48, 2022.

N. Biatun, “Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar PAI di MIN 3 Bantul,” J. Pendidik. Madrasah, vol. 5, no. 2, hlm. 253–258, 2020.

F. Sartika, E. Desriwita, dan M. Ritonga, “Pemanfaatan media pembelajaran dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar PAI di sekolah dan madrasah,” Humanika Kaji. Ilm. Mata Kuliah Umum, vol. 20, no. 2, hlm. 115–128, 2020.

N. Rohmah, “Media Pembelajaran Masa Kini: Aplikasi Pembuatan Dan Kegunaannya,” Awwaliyah J. Pendidik. Guru Madrasah Ibtidaiyah, vol. 4, no. 2, hlm. 127–132, 2021.

M. Ulya, “Penggunaan educandy dalam evaluasi pembelajaran bahasa indonesia,” Lingua Rima J. Pendidik. Bhs. Dan Sastra Indones., vol. 10, no. 1, hlm. 55–63, 2021.

I. Fitriati, R. Purnamasari, N. F. Fitrianingsi, dan I. Irawati, “Implementasi Digital Game Based Learning Menggunakan Aplikasi Educandy Untuk Evaluasi Dan Motivasi Belajar Mahasiswa Bima,” Pros. Penelit. Pendidik. Dan Pengabdi. 2021, vol. 1, no. 1, hlm. 307–312, 2021.

Y. Abidin, S. N. M. Aljamaliah, F. Rakhmayanti, dan D. Anggraeni, “Strategi pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan Educandy di kelas V SD,” Nat. J. Kaji. Penelit. Pendidik. Dan Pembelajaran, vol. 6, no. 2, hlm. 1230–1242, 2022.

D. Oktariyanti, A. Frima, dan R. Febriandi, “Pengembangan media pembelajaran online berbasis game edukasi wordwall tema indahnya kebersamaan pada siswa sekolah dasar,” J. Basicedu, vol. 5, no. 5, hlm. 4093–4100, 2021.

M. Ulya, “Penggunaan educandy dalam evaluasi pembelajaran bahasa indonesia,” Lingua Rima J. Pendidik. Bhs. Dan Sastra Indones., vol. 10, no. 1, hlm. 55–63, 2021.

K. Kholfadina, “Penggunaan Educandy dan Dampaknya Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar,” J. Penelit. Dan Pengemb. Pendidik., vol. 6, no. 2, 2022.

M. Maimunah dan C. Cinantya, “Pelatihan Implementasi Blended Learning di Taman Kanak-kanak pada Guru TK Negeri Pembina Banjarmasin Timur,” Bubungan Tinggi J. Pengabdi. Masy., vol. 3, no. 3, hlm. 224–229, 2021.

D. P. Hermawan, D. Herumurti, dan I. Kuswardayan, “Efektivitas Penggunaan game edukasi berjenis puzzle, RPG dan Puzzle RPG sebagai sarana belajar matematika,” JUTI J. Ilm. Teknol. Inf., vol. 15, no. 2, hlm. 195–205, 2017.

S. Miluningtias dan N. Shofiyah, “Penerapan game edukasi terintegrasi kearifan lokal berbasis android terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran daring,” J. IPA Terpadu, vol. 4, no. 2, hlm. 74–84, 2021.

A. M. K. Putri, A. Akhwani, N. Nafiah, dan M. S. Djazilan, “Pengaruh Media Educandy pada Pembelajaran PPKn terhadap Motivasi Belajar Daring Siswa Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 5, no. 5, hlm. 4206–4211, 2021.

K. Kholfadina, “Penggunaan Educandy dan Dampaknya Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar,” J. Penelit. Dan Pengemb. Pendidik., vol. 6, no. 2, 2022.

I. Musab dan G. Witri, “Faktor Ekstrinsik yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Se-Gugus 2 Kecamatan Sail Pekanbaru,” Sekol. Dasar, vol. 8, no. 1, hlm. 7–12, 2019.

D. Restiaji, M. Hardian, Y. Hidayah, dan A. Suryaningsih, “Identifikasi Motivasi Belajar Anak Dalam Penerapan Media Pembelajaran Uno Stacko for Question Card (Studi Kasus Kelas Vi C Sdn Jagir I/393, Surabaya Tahun Ajaran 2019/2020,” Elem. Sch., 2020.

M. Rismawati, E. Khairiati, dan S. P. Khatulistiwa, “Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika,” J-PiMat J. Pendidik. Mat., vol. 2, no. 2, hlm. 203–212, 2020.

Y. Darniyanti dan A. Saputra, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa SDN 04 Sitiung,” Cons. Educ. Couns. J., vol. 1, no. 2, hlm. 193–205, 2021.

I. K. Swarjana dan M. SKM, Populasi-sampel, teknik sampling & bias dalam penelitian. Penerbit Andi, 2022.

D. Firmansyah, “Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review,” J. Ilm. Pendidik. Holistik JIPH, vol. 1, no. 2, hlm. 85–114, 2022.


Article Metrics

Abstract view : 685 times | PDF view : 82 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nur Fakhrunnisaa, Mardiawati Mardiawati

Terindeks:

        

 

 

Diterbitkan Oleh:

Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer,

Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,

Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar,

Makassar, Telp. (0411) 889629

Email: jurnal.mediatik@unm.ac.id

 Creative Commons License
MediaTIK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Web Analytics View My Stats MediaTIK