Sistem Pendeteksi Objek Tanaman Selada Hidroponik Dalam Netpot Menggunakan Metode Segmentasi Otsu Thresholding disertai Operasi Morfologi

Andi Baso Kaswar(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jmtik.v6i1.44961

Abstract


Petani selada hidroponik sering menghadapi masalah dalam memantau pertumbuhan dan perkembangan selada yang mereka tanam. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain kurangnya keterampilan dalam pengoperasian alat dan teknologi, serta kesibukan dalam mengurus kegiatan pertanian lainnya. Beberapa penelitian telah dilakukan untuk memonitoring tanaman hidroponik namun sistem yang dikembangkan hanya berfokus pada pengontrolan dan monitoring kondisi lingkungan dan media tanam hidroponik. Padahal berhasil atau tidaknya pengkondisian tanaman tersebut, terlihat secara visual pada perkembangan fisik tanaman. Dalam rangka mengatasi hal tersebut, telah dikembangkan sistem monitoring berbasis citra digital untuk memonitoring tanaman selada hidroponik secara langsung. Namun, dari metode tersebut membutuhkan data yang sangat banyak dan komputasi yang sangat kompleks agar model yang diusulkan dapat mendeteksi objek secara akurat. Oleh karena itu, pada penelitian ini diusulkan sistem pendeteksi objek tanaman selada hidroponik dalam netpot menggunakan metode segmentasi Otsu Thresholding disertai operasi morfologi. Metode yang diusulkan terdiri atas 5 tahapan utama yaitu, tahap input citra, ekstraksi channel RGB, segmentasi Otsu, operasi morfologi dengan image substraction, dan pelabelan objek menggunakan bounding box. Metode yang diusulkan dapat mendeteksi objek citra selada hidroponik dalam netpot dengan rata-rata akurasi 99,41%, Missclassification Error sebesar 0,59% dan waktu komputasi sebesar 0,64 detik. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa metode yang diusulkan dapat mendeteksi objek selada hidroponik dalam netpot dengan akurasi yang tinggi dan waktu komputasi yang cepat.

Keywords


selada; segmentasi; otsu thresholding; digital image processing; deteksi objek

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. Produksi Tanaman Sayuran Indonesia Tahun 2021. 2021.

Masyhura MD, Arianty N. Pemanfaatan Pekarangan dalam Usaha Budidaya Sayuran Secara Hidroponik. Pros. Semin. Nas. Kewirausahaan, vol. 1, 2019, p. 182–6.

Herwibowo K, Budiana NS. Hidroponik sayuran. Penebar Swadaya Grup; 2014.

Setiawan A. Buku Pintar Hidroponik. Laksana; 2019.

Suprianingsih S. Iklan Layanan Masyarak Pemanpaatan Loteng Rumah Sebagai Lahan Hidroponik. PROPORSI J Desain, Multimed Dan Ind Kreat 2018;3:164–75.

Kurniawati W, Erviana L, Desstya A. Solusi Ketahanan Pangan Rumah Tangga Perkotaan Saat Pandemi Covid-19. Malay Local Wisdom in the Period and After the Plague 2020;95:12–3.

Kartosugondo M, Leliana F, Yolanda A. Smart Hydro System Sebagai Solusi Otomasi Pemeliharaan Pertanian Hidroponik. Pros. Semin. Sains Nas. dan Teknol., vol. 1, 2018.

Yudhaprakosa P, Akbar SR, Maulana R. Sistem Otomasi dan Monitoring Tanaman Hidroponik Berbasis Real Time OS. J Pengemb Teknol Inf Dan Ilmu Komput e-ISSN 2019;2548:964X.

Doni R, Rahman M. Sistem Monitoring Tanaman Hidroponik Berbasis Iot (Internet of Thing) Menggunakan Nodemcu ESP8266. J-SAKTI (Jurnal Sains Komput Dan Inform 2020;4:516–22.

Ezzahoui I, Abdelouahid RA, Taji K, Marzak A. Hydroponic and Aquaponic Farming: Comparative Study Based on Internet of things IoT technologies. Procedia Comput Sci 2021;191:499–504.

Putri NRE. Sistem Monitoring Pertumbuhan dan Perawatan Selada Keriting Menggunakan Wemos D1 R1 2021.

Marisa M, Carudin C, Ramdani R. Otomatisasi Sistem Pengendalian dan Pemantauan Kadar Nutrisi Air menggunakan Teknologi NodeMCU ESP8266 pada Tanaman Hidroponik. J Teknol Terpadu 2021;7:127–34.

Prasetyo A, Nugroho AB, Setyawan H. Perancangan Sistem Monitoring Pada Hidroponik Selada (Lactuca Sativa L.) Dengan Metode NFT Berbasis Internet of Things (IoT). J Tek Elektro Dan Komputasi 2022;4:99–109.

Yozienanda RM, Widiarto W, Wijayanto A. Otomasi dan Monitoring Hidroponik pada Tanaman Selada dengan Metode Sonic Bloom Berbasis IoT. JEPIN (Jurnal Edukasi Dan Penelit Inform 2022;8:422–31.

Du J, Lu X, Fan J, Qin Y, Yang X, Guo X. Image-based high-throughput detection and phenotype evaluation method for multiple lettuce varieties. Front Plant Sci 2020;11:563386.

Gozzovelli R, Franchetti B, Bekmurat M, Pirri F. Tip-burn stress detection of lettuce canopy grown in Plant Factories. Proc. IEEE/CVF Int. Conf. Comput. Vis., 2021, p. 1259–68.


Article Metrics

Abstract view : 141 times | PDF view : 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Andi Baso Kaswar