Efektivitas Metode Pembelajaran Practice-Rehearsal Pairs Troubleshooting Peripheral Computer Pada Kuliah Perawatan dan Perbaikan Alat Elektronika

Ganggang Canggi Arnanto(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jmtik.v6i1.43965

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar mahasiswa yang menggunakan metode pembelajaran Practice-Rehearshal Pairs dengan mahasiswa yang menggunakan metode pembelajaran ceramah. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian quasi eksperimen, dengan jumlah sampel sebanyak 60 orang yang dipilih secara simple random sampling. Jenis penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan rancangan penelitian dua kelompok sampel  yang terdiri dari kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas eksperimen  menggunakan perlakuan dengan metode pembelajaran Practice-Rehearshal Pairs. Sedangkan pada kelas kontrol menggunakan metode ceramah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data digunakan deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 82.8 dan rata-rata nilai kelas kontrol sebesar 69.6, sedangkan melalui perhitungan uji t didapat thitung > ttabel, yaitu nilai thitung sebesar 3,755 dan ttabel pada taraf signifikansinya 5% (0,05) adalah sebesar 2,001, dengan demikian H0 “Hasil belajar kelompok mahasiswa yang menggunakan metode pembelajaran Practice-Rehearsal Pairs lebih rendah atau sama dengan kelompok mahasiswa yang menggunakan metode ceramah” ditolak dan Ha “Hasil belajar kelompok mahasiswa yang menggunakan metode pembelajaran Practice-Rehearsal Pairs lebih tinggi di bandingkan kelompok mahasiswa yang menggunakan metode ceramah” diterima. Berdasarkan hasil penelitian di atas, rata-rata hasil belajar pada mahasiswa yang menggunakan metode Practice-Rehearsal Pairs lebih tinggi jika dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar mahasiswa yang menggunakan metode ceramah


Keywords


Hasil Belajar; Metode Pembelajaran; Ceramah; Practice-Rehearsal Pairs

Full Text:

PDF

References


Abdul Kodir & Sumardono. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Practice-Rehearsal Pairs (Prp) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Standar Kompetensi Menafsirkan Gambar Teknik Listrik Di Smk Negeri 2 Pamekasan

Agus Suprijono. 2014. Cooperatif Learnig, Teori dan aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Anwar, Syahril. 2013. Menjadi Teknisi Komputer Laptop. Jakarta : Vicosta Publisher

Arifin, Husnul. 2008. Menjadi Teknisi Komputer dan jaringan. Yogyakarta : Mediakom

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta : Gava Media

Diah Susanti, Dkk. 2014. Penerapan Strategi Paikem Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa.

Heni.A Puspitosari. 2013. Merawat Laptop dan Personal Komputer. Yogyakarta : Skripta

Imamuddin. 2013. Keefektifan Strategi Practice-Rehearsal Pairs Terhadap Hasil Belajar Sifat-Sifat Cahaya Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Debong Tengah 1 Dan 3 Kota Tegal. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang : Universitas Negeri Semarang.

Muhammad Rahman & Sofan Amri. 2014. Model Pembelajaran ARIAS. Jakarta : Prestasi Pustakarya.

Muhibbin Syah. 2013. Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya Offset.

Rahmat Sujiyanto. 2013. Strategi Practice Rehearsal Pairs Dalam Peningkatan Pembelajaran Ipa Kelas V Sdn Kalijaran 01 Maos Cilacap

Redja Mudyahardjo. 2013. Pengantar Pendidikan. Jakarta : RajaGrafindo Persada

Sale, Agus. Panduan Merakit Merawat Memperbaiki Komputer. Qbonk Media Group

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabet.

Sujarweni, W Wiratna. 2014. Metodologi Penelitian, Lengkap, Praktis, dan Mudah dipahami. Yogyakarta : Pustakabarupress.

Suyanto & Asep Jihad. 2013. Menjadi Guru Profesional. Jakarta : Esensi.

Suyono. 2014. Belajar dan Pembelajaran, Teori dan Konsep dasar. Bandung : Remaja Rosdakarya Offset.

Warsono & Hariyanto. 2014. Pembelajaran Aktif, Teori dan Asesmen. Bandung : Remaja Rosdakarya Offset

Yani, Ahmad. 2009. Panduan Menjadi Teknisi Komputer. Jakarta : Kawan Pustaka

Yani, Ahmad. 2012. Panduan Menjadi Teknisi Komputer Laptop dan Jaringan. Jakarta : Media Kita


Article Metrics

Abstract view : 133 times | PDF view : 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ganggang Canggi Arnanto

Terindeks:

        

 

 

Diterbitkan Oleh:

Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer,

Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,

Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar,

Makassar, Telp. (0411) 889629

Email: jurnal.mediatik@unm.ac.id

 Creative Commons License
MediaTIK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Web Analytics View My Stats MediaTIK