Pengaruh Model Blended Learning Terhadap Perkembangan Kognitif Mahasiswa

Andika Isma(1*), M. Miftach Fakhri(2), Muhammad Fardan(3), Ainun Zahra Adistia(4), Della Fadhilatunisa(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jmtik.v6i1.43964

Abstract


Dengan merebaknya virus Covid-19 di dunia, mendatangkan dampak yang fundamental terhadap psikologis manusia, khususnya di bidang pendidikan. Sistem pembelajaran dirombak agar dapat disesuaikan dengan tuntutan yang ada, salah satunya dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran yang sebelumnya dilaksanakan secara tatap muka (synchronous) menjadi dominan dilaksanakan secara daring (asynchronous) atau bahkan dilaksanakan secara campuran (blended learning). Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh blended learning terhadap perkembangan kognitif mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif. Populasi yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 108 Mahasiswa Universitas Negeri Makassar. Data diperoleh dengan teknik pengumpulan data berupa penyebaran kuesioner melalui platform Google Form. Analisis data dilakukan menggunakan Skala Likert dengan tujuan untuk memberikan skor dalam bentuk skala pada setiap pernyataan dalam kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode blended learning memiliki pengaruh yang baik terhadap perkembangan kognitif mahasiswa. Dengan merebaknya virus Covid-19 di dunia, mendatangkan dampak yang fundamental terhadap psikologis manusia, khususnya di bidang pendidikan. Sistem pembelajaran dirombak agar dapat disesuaikan dengan tuntutan yang ada, salah satunya dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran yang sebelumnya dilaksanakan secara tatap muka (synchronous) menjadi dominan dilaksanakan secara daring (asynchronous) atau bahkan dilaksanakan secara campuran (blended learning).

Keywords


Kognitif; Pembelajaran Campuran; Perguruan Tinggi

Full Text:

PDF

References


HeeokHeo, C. J.Bonk and M. Y. Doo, "Influences of depression, self-efficacy, and resource management on learning engagement in blended learning during COVID-19," The Internet and Higher Education, vol. 54, p. 100856, 2022.

M. J.Finlay, D. J.Tinnion and ThomasSimpson, "A virtual versus blended learning approach to higher education during the COVID-19 pandemic: The experiences of a sport and exercise science student cohort," Journal of Hospitality, Leisure, Sport & Tourism Education, vol. 30, p. 100363, 2022.

M. Adnan and K. Anwar, "Online learning amid the COVID-19 pandemic: Students' perspectives," Journal of Pedagogical Sociology and Psychology, vol. 2, no. 1, pp. 45-51, 2020.

Y. blieck, I. Ooghe, C. Zhu, K. Depryck, K. Struyven, B. Pynoo and H. V. Laer, "Validation of a Conceptual Quality Framework for Online and Blended Learning with Success Factors and Indicators in Adult Education: A qualitative study," Turkish Online Journal of Educational Technology, vol. 13, no. 3, pp. 161-181, 2017.

M. Eryilmaz, "The Effectiveness Of Blended Learning Environments," Contemporary Issues In Education Research, vol. 8, no. 4, pp. 251-256, 2015.

APJII, "Indonesian Internet Profile 2022," APJII, 2022.

S. A. Mu'min, "TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF JEAN PIAGET," Jurnal Al-Ta’dib, vol. 6, no. 1, pp. 89-99, 2013.

J. W. Santrock, Life-Span Develeopment, New York: McGraw-Hill, 2011.

D. Puspitarini, "Blended Learning sebagai Model Pembelajaran Abad 21," Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, vol. 7, no. 1, pp. 1-6, Januari 2022.

S. Istiningsih and Hasbullah, "BLENDED LEARNING, TREND STRATEGI PEMBELAJARAN," Jurnal Elemen, vol. 1, no. 1, pp. 49 - 56, 2015.

D. Fisher and Y. S. Kusumah, "Developing student character of preservice mathematics teachers through blended learning," Journal of Physics: Conference Series, vol. 1132, p. 012040, 2018.

S. H. Bariah and K. A. N. Imania, "PENGEMBANGAN EVALUASI DAN PENUGASAN ONLINE BERBASIS E-LEARNING DENGAN MOODLE PADA MATA KULIAH MEDIA PEMBELAJARAN ILMU KOMPUTER," Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, vol. 6, no. 3, pp. 305-315, 2017.

D. A. Bujuri, "Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya," LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), vol. IX, no. 1, pp. 37-50, 2018.

S. Bibi and H. Jati, "EFEKTIVITAS MODEL BLENDED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN TINGKAT PEMAHAMAN MAHASISWA MATA KULIAH ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN," Jurnal Pendidikan Vokasi, vol. 5, no. 1, pp. 74-87, 2015.

Fadhilatunisa, D., Fakhri, M. M., & Rosidah, R. (2020). PENGARUH BLENDED LEARNING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA AKUNTANSI. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 18(2), 93-106.

Fadhilatunisa, D., Rosidah, R., & Fakhri, M. M. (2020). THE EFFECTIVENESS OF THE BLENDED LEARNING MODEL ON THE STUDENTS’CRITICAL THINKING SKILLS AND LEARNING MOTIVATION IN ACCOUNTING DEPARTMENT. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 23(2), 194-208.


Article Metrics

Abstract view : 223 times | PDF view : 54 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Andika Isma, M. Miftach Fakhri, Muhammad Fardan, Putri Nanda Sari, Ainun Zahra Adistia, Rendy Hidayat, Nur Falina Galy

Terindeks:

        

 

 

Diterbitkan Oleh:

Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer,

Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,

Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar,

Makassar, Telp. (0411) 889629

Email: jurnal.mediatik@unm.ac.id

 Creative Commons License
MediaTIK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Web Analytics View My Stats MediaTIK