Peningkatan Hasil Belajar Dengan Model Problem Based Learning di SMKN 9 Pinrang

Evi Nurhayati Kusumaningrum(1*), Riana T Mangesa(2), Agustiah Agustiah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jmtik.v5i3.40386

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran PBL ( Problem Based Learning) sebagai usaha untuk meningkatkan pembelajaran di SMKN 9 PINRANG pada mata pelajaran dasar desain grafis tahun pelajran 2020/2021. Penelitian ini dilaksanakan selama tiga siklus dengan proses penelitian : merencanakan tindakan, melaksanakan tindakan siklus I, siklus II dan siklus III, mengadakan pengamatan selama berlangsungnya pembelajaran pada tiga siklus, mengadakan evaluasi pada tiap akhir siklus, menganalisis data hasil evaluasi dan hasil pengamatan serta mengadakan refleksi berdasarkan hasil analisis dan tanggapan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai meningkat hasil belajar siswa dimulai dari siklus I 80%, Siklus II 90% dan siklus III 100% berarti ada peningkatan pembelajaran. Dengan demikian, hasil penelitian ini dapat diperoleh gambaran bahwa Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning sebagai usaha meningkatkan hasil belajar siswa kelas X.MM1 SMKN 9 Pinrang pada Mata pelajaran Dasar Desain Grafis dapat ditingkatkan dengan menggunakan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning

Keywords


Problem Based Learning, peningkatan hasil belajar, Dasar Desain Grafis

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 99 times | PDF view : 32 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Evi Nurhayati Kusumaningrum, Riana T Mangesa, Agustiah Agustiah