Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar Siswa X TKJ Melalui Model Problem Based Learning Di SMK Maestro Banjarmasin
(1) SMK Maestro Banjarmasin
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jmtik.v5i3.37589
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar di SMK Maestro Banjarmasin. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan selama 3 pertemuan dan menggunakan kompetensi dasar yang berbeda di masing-masing pertemuan dengan sampel berjumlah 12 siswa, diketahui bahwa kemampuan pemecahan masalah peserta didik cukup baik. Hasil pengamatan nilai siswa diperoleh rata-rata 85% jawaban benar untuk kemampuan memecahkan masalah dan nilai rata-rata 90% jawaban benar untuk soal evaluasi pada setiap pertemuan. Sementara, pada pembelajaran model lain diperoleh rata rata nilai 75% Jawaban benar pada soal evaluasi. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar kelas X TKJ di SMK Maestro Banjarmasin.
Keywords
Model pembelajaran Problem Based Learning, Teknik Komputer dan Jaringan, Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 313 times | PDF view : 43 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Rizky Pratama Putra Perkasa, Muh Riska, Rusdi Rusdi
Terindeks:
Diterbitkan Oleh:
Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer,
Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,
Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar,
Makassar, Telp. (0411) 889629
Email: jurnal.mediatik@unm.ac.id
MediaTIK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
View My Stats MediaTIK