Peningkatan Programming Skill Melalui Pendekatan Hemispheric Cognitive Style Collaboration (HCSC) Pada Mata Pelajaran PBO Siswa Kelas XI RPL
(1) SMKN 2 POSO, Pesisir
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jmtik.v5i2.33779
Abstract
Berdasarkan pengamatan penulis yang berprofesi sebagai guru terhadap kemampuan siswa memahami alur pemrograman berorientasi object dan minat belajar siswa yang sangat rendah. Pada kegiatan praktikum pemrograman berorientasi objek siswa cenderung hanya mengcopy paste contoh program yang dibuat oleh guru, sehingga ketika dibawa ke kasus atau contoh soal yang berbeda siswa kesulitan mengeluarkan kemampuan nalarnya untuk memecahkan masalah tersebut secara mandiri. Adapun tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan keterampilan siswa membuat program. Model pembelajaran yang tepat sangat diharapkan untuk keefektifan pembelajaran. Metode HCSC berusaha mengoptimalkan fungsi kognitif belahan otak kiri dan kanan dalam mempelajari konsep OOP yang membutuhkan kemampuan kognitif seperti abstraksi, analisis dan pemecahan masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengkaji metode pembelajaran HCSC dalam meningkatkan keterampilan siswa membuat program pada mata pelajaran PBO Kelas XI RPL SMKNegeri 2 Poso Pesisir. Hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari pra siklus sampai siklus II yaitu, pra siklus (38,46%), siklus I (69,23%) dan pada siklus II (84,61%).
Keywords
pemrograman berorientasi objek, metode HCSC
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 102 times | PDF view : 17 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Enrico Pariu
Terindeks:
Diterbitkan Oleh:
Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer,
Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,
Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar,
Makassar, Telp. (0411) 889629
Email: jurnal.mediatik@unm.ac.id
MediaTIK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
View My Stats MediaTIK