Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Desain Grafis Percetakan di SMK IT Subulussalam

Yudhy Tannarong(1*), Zulhajji Zulhajji(2), Yuliati Hafid(3),

(1) SMK IT Subulussalam
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMK Negeri 2 Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jmtik.v5i1.31359

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar belajar siswa dengan penerapan model Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran Desain Grafis Percetakan siswa kelas XI MM SMK IT Subulussalam. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan dimulai dengan tahapan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan model Problem Based Learning (PBL) dan refleksi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi/pengamatan. Analisis data dilakukan dengan perbandingan antara hasil tes pada siklus 1 dan siklus 2 dengan teknik deskriptif. Sedangkan untuk mengukur prestasi belajar siswa menggunakan sistem rata-rata kelas pada hasil evaluasi tiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi dan aktivitas belajar siswa dalam mata pelajaran Desain Grafis Percetakan mengalami peningkatan, ditunjukkan dari:(1) Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa diperoleh informasi bahwa adanya peningkatan dalam aktivitas visual dari 60% menjadi 80%, listening dari 80% menjadi 90%, oral dari 70% menjadi 80%, writing dari 60% menjadi 70%, mental dari 60% menjadi 70% emotional dari 60% menjadi 80%. (2) Peningkatan nilai rata-rata kelas dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 10% yaitu dari 70 menjadi 80. Pada siklus 2 kategori nilai sangat tinggi siswa meningkat sebesar 20% yaitu 70 menjadi 90 dari 10 siswa.

Keywords


Model Problem Based Learning, Keaktifan Belajar, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 130 times | PDF view : 33 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Yudhy Tannarong, Zulhajji Zulhajji, Yuliati Hafid

Terindeks:

        

 

 

Diterbitkan Oleh:

Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer,

Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,

Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar,

Makassar, Telp. (0411) 889629

Email: jurnal.mediatik@unm.ac.id

 Creative Commons License
MediaTIK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Web Analytics View My Stats MediaTIK