Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Dengan Aplikasi Mentimeter.com dalam Pembelajaran Daring Model Discovery Learning pada Siswa Kelas X Jurusan OTKP SMKN 2 Simpang Empat Tanah Bumbu Tahun Pelajaran 2021/2022

Suardi Suardi(1*), Maya Sari Wahyuni(2), Harianto Harianto(3),

(1) SMKN 2 Simpang Empat
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMKN 5 Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jmtik.v5i1.31358

Abstract


Berdasarkan observasi yang dilakukan pada siswa kelas X OTKP SMK Negeri 2 Simpang Empat di Kab.Tanah Bumbu masih kurang menunjukan keaktifan dalam mengikuti pembelajaran daring. Hal ini menyebabkan munculnya perilaku siswa yang perlu mendapat perhatian, seperti tidak bersemangat dalam mengikuti pembelajaran, kurang inisiatif dalam bertanya maupun menjawab pertanyaan, diam saat ditanya, dan melakukan hal-hal diluar instruksi guru. Berdasarkan temuan tersebut maka salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah menggunakan media pembelajaran berbasis web Mentimeter, whiteboard.fi, sebagai upaya meningkatkan keaktifan siswa. Tujuan penulisan adalah untuk mengkaji upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan keaktifan siswa menggunakan media berbasis web. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. metode yang dilakukan untuk mengetahui gambaran, keadaan, suatu hal dengan cara mendeskripsikannya sedetail mungkin berdasarkan fakta yang ada. Dengan langkah awal Mengidentifikasi adanya permasalahan yang signifikan untuk dipecahkan melalui metode deskriptif, Membatasi dan merumuskan permasalahan secara jelas, Menentukan tujuan dan manfaat penelitian, Melakukan studi pustaka yang berkaitan dengan permasalahan, Menentukan kerangka berpikir, dan pertanyaan penelitian dan atau hipotesis penelitian, Mendesain metode penelitian yang hendak digunakan termasuk dalam hal ini menentukan populasi, sampel, teknik sampling, menentukan instrumen pengumpul data, dan menganalisis data, Mengumpulkan, mengorganisasi, dan menganalisis data dengan menggunakan teknik statistika yang relevan dan terakhir Membuat laporan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase hasil belajar, hal ini dapat dilihat dari ketuntasan KKM siswa dari kegiatan pra tindakan dan setiap siklus, yaitu pada pra tindakan sebesar 15%, pada siklus I sebesar 45%, pada siklus II sebesar 50%, sedangkan siklus III 95%. Hal tersebut diiringi dengan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari pra tidakan sebesar 60, siklus I sebesar 64, pada siklus II sebesar 66. Sedangkan pada siklus III 76%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Discovery Learning berbantuan media aplikasi mentimeter dalam pembelajaran Informatika dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dan hasil belajar peserta didik

Keywords


Keaktifan belajar, aplikasi mentimeter.com, whiteboard.fi, daring online, E-book

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 262 times | PDF view : 63 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Suardi Suardi, Maya Sari Wahyuni, Harianto Harianto