Penanganan Masalah Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Dalam Proses Pembelajaran Bimbingan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

I Made Weliyati(1*),

(1) PPG TIK UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jmtik.v5i1.31246

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk membuktikan dan menganalisis suatu keberhasilan seorang guru dalam melaksanakan pembelajaran yang lebih menekankan Penguatan Pendidikan Karakter sehingga akan diperoleh tidak hanya pembelajaran yang interaktif dan berkualitas tetapi peserta didik yang lebih mengimplementasi karakter pribadi, sehingga didapatkan generasi milenial yang memiliki 5 karakter yaitu religius, nasionalisme, integritas, kemandirian dan kegotongroyongan, sebagai fondasi dan ruh utama pendidikan. Sesuai dengan Program Prioritas Bapak Presiden Joko Widodo. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode survei dengan teknik observasi. Dari penelitian diperoleh hasil: 1) Peserta didik sibuk bermain HP daripada memperhatikan penjelasan Guru di Kelas, 2) peserta didik kurang memperhatikan penjelasan pendidik, 3) peserta didik tertidur pada saat pembelajaran berlangsung, 4) ada beberapa peserta didik yang tidak lancar dalam berliterasi/ membaca.

Keywords


Pendidik, Pembelajaran, Nilai PPK (Pendidikan Penguatan Karakter).

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 130 times | PDF view : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 I Made Weliyati

Terindeks:

        

 

 

Diterbitkan Oleh:

Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer,

Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,

Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar,

Makassar, Telp. (0411) 889629

Email: jurnal.mediatik@unm.ac.id

 Creative Commons License
MediaTIK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Web Analytics View My Stats MediaTIK