Peningkatan Kemampuan Kognitif Siswa dengan Model PBL pada Mata Pelajaran Informatika di SMP Negeri 1 Kibang

Fitrianto Dedi Vaika(1*),

(1) SMP Negeri 1 Kibang Lampung Timur
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jmtik.v5i1.31130

Abstract


Tujuan penelitian yang dilakukan adalah untuk melihat peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Informatika menggunakan Model Problem Based Learning. Pembelajaran dilakukan secara daring selama kurun waktu pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) pada Pendidikan Profesi Guru (PPG) di Universitas Negeri Makassar. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kibang Lampung Timur. Siklus pembelajaran dilakukan sebanyak tiga siklus atau tiga pertemuan secara daring. Dalam setiap siklus dilakukan refleksi untuk perbaikan pada pertemuan selanjutnya. Perbaikan dilihat dari tes hasil belajar kognitif siswa pada setiap siklus dengan soal pilihan ganda berjumlah 10 soal setiap pertemuannya. Hasil penelitian yang didapat adalah bahwa terdapat peningkatan pada setiap pertemuan dengan nilai rata-rata hasil belajar kognitif siswa adalah 59, 68, dan 78 secara berturut-turut. Hal ini menunjukkan bahwa Model PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran Informatika di SMP Negeri 1 Kibang Lampung Timur.

Keywords


Kemampuan kognitif, Informatika, PBL

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 463 times | PDF view : 66 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fitrianto Dedi Vaika