Pengaruh Model Pembelajaran Problem Basic Learning Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Siswa Kelas X SMAS Katolik St. Gabriel Maumere
(1) SMAS Katolik ST.Gabriel Maumere
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jmtik.v5i1.31129
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi adanya masalah bahwa hasil belajar TIK masih sangat rendah, yang dibutikan dengan wawancara dan Observasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Basic Learning Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran TIK siswa kelas X SMAS Katolik ST.Gabriel Maumere. Penelitian ini mengunakan Metode Eksperimen dan Wawancara. Populasi Penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAS Katolik ST. Gabriel Maumere sebanyak 80 siswa. Sampel Penelitian ini adalah siswa kelas X MIA-1 dan X MIA 2. Kelas X MIA1 sebagai kelompok eksperimen sedangkan X MIA2 sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data pada masing-masing kelas dengan mengunakan post tes dan pre test berupa soal uraian kemudian hasilnya dianalisa. Hasil Penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran problem basic learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran TIK SMAS Katolik ST.Gabriel Maumere. Model pembelajaran Problem Basic Learning berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa khususnya mata pelajaran TIK.
Keywords
Model Pembelajaran, Problem Basic Learning, Teknik Informasi dan Komunikasi
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 93 times | PDF view : 21 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Elmerince Adolfina Tonce
Terindeks:
Diterbitkan Oleh:
Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer,
Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,
Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar,
Makassar, Telp. (0411) 889629
Email: jurnal.mediatik@unm.ac.id
MediaTIK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
View My Stats MediaTIK