Penerapan Model Pembelajaran Reading Questioning and Answering (RQA) di Masa Pandemi Covid-19 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Di SMK Negeri 7 Bulukumba

Tri Rahmat Tasa(1*), Sugeng A Karim(2), Riana T Mangesa(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jmtik.v4i3.23791

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran RQA dan bagaimana respon siswa dalam penerapan model pembelajaran RQA siswa kelas X TKJ B di SMK Negeri 7 Bulukumba. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, evaluasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap s iklus terdiri atas dua kali pertemuan. Data dikumpulkan menggunakan teknik dokumentasi, angket, observasi, dan tes online melalui google form dan whatsapp. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran RQA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TKJ B di SMK Negeri 7 Bulukumba. Oleh karena itu disarankan kepada pihak guru dan sekolah untuk menerapkan model pembelajaran RQA secara luas.

Keywords


Reading Questioning and Answering, Hasil belajar, Sistem Komputer.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 221 times | PDF view : 37 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Tri Rahmat Tasa, Sugeng A Karim, Riana T Mangesa

Terindeks:

        

 

 

Diterbitkan Oleh:

Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer,

Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,

Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar,

Makassar, Telp. (0411) 889629

Email: jurnal.mediatik@unm.ac.id

 Creative Commons License
MediaTIK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Web Analytics View My Stats MediaTIK