Pengaruh Penggunaan Media Animasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Sub Pokok Bahasan Las Listrik Kompetensi Keahlian Pekerjaan Las Dasar
(1) UPT SMK Negeri 3 Gowa
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jmtik.v4i3.23703
Abstract
Adapun tujuan penelitian ini yaitu mengubah strategi dalam pelaksanaan pembelajaran kompetensi keahlian pekerjaan las dasar
yaitu menggunakan media animasi. Penelitian ini dikategorikan penelitian deskriptif kuantatif. . Penelitian ini dilaksanakan pada bulan
September - November di UPT SMK Negeri 3 Gowa. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas X Jurusan Teknik Las UPT
SMK Negeri 3 Gowa sebanyak 20 orang. Teknik pengumpulan data melalui Tes, Observasi, Validitas Instrumen, serta Reliabilitas Tes, Teknik
Analisa data menggunakan analisis stastistik deskriptif, untuk analisis data aspek kompetensi menggunakan standar nilai kurikulum 2013.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan penelitian maka Terjadi peningkatan prestasi belajar siswa tentang sub pokok bahasan las
listrik kompetensi keahlian pekerjaan las dasar menggunakan media animasi pada kelas X program keahlian Teknik Pengelasan 1 di UPT SMK
Negeri 3 Gowa. Nilai ketuntasan siswa prestasi belajar kelas X program keahlian teknik permesinan di UPT SMK Negeri 3 Gowa, dengan
angka nilai terendah sebesar 18 dari hasil tertinggi 24 setelah menggunakan media animasi tertera pada hasil post test.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 92 times | PDF view : 19 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Muhammad Rusman
Terindeks:
Diterbitkan Oleh:
Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer,
Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,
Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar,
Makassar, Telp. (0411) 889629
Email: jurnal.mediatik@unm.ac.id
MediaTIK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
View My Stats MediaTIK