Implementasi Pendekatan Stem Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Untuk Meningktakan Hasil Belajar Siswa Smk Negeri 2 Baras Mamuju Utara
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jmtik.v4i1.19725
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan pendekatan STEM pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar siswa kelas X TKJ A SMK Negeri 2 Baras yang berjumlah 27 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, evaluasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus pertama terdiri atas tiga kali pertemuan dan siklus kedua terdiri atas dua kali pertemuan. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi, tes tertulis dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis N๐บ๐๐๐. Hasil penelitian menunjukkan implementasi pendekatan STEM dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TKJ A SMK Negeri 2 Baras. Hal ini berdasarkan nilai hasil belajar yang di peroleh siswa dari Siklus I ke Siklus II mengalami peningkatan
Keywords
Implementasi Pendekatan STEM, Hasil Belajar, Komputer dan Jaringan Dasar
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 422 times | PDF view : 70 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Indarwati - -, Syamsurijal - -, Firdaus - -
Terindeks:
ย ย ย ย ย
ย
Diterbitkan Oleh:
Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer,
Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,
Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar,
Makassar, Telp. (0411) 889629
Email: jurnal.mediatik@unm.ac.id
ย
MediaTIKย is licensed under aย Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ย
View My Stats MediaTIK