Penerapan Tutor Sebaya Dalam Implementasi Strategi CIRC Berbasis Active Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer di SMKN 5 Makassar
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jmtik.v3i3.15174
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan Tutor Sebaya dan Implementasi Strategi CIRC pada mata pelajaran Sistem Komputer siswa kelas X TKJ SMK Negeri 5 Makassar yang berjumlah 34 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, evaluasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu masing-masing siklus terdiri atas tiga kali pertemuan. Data dikumpulkan menggunakan angket, lembar observasi, tes tertulis dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian yang ditemukan ini menunjukkan penerapan Tutor Sebaya dan Implementasi strategi CIRC dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TKJ SMK Negeri 5 Makassar. Hal ini berdasarkan nilai hasil belajar yang di peroleh siswa dari Siklus I ke Siklus II mengalami peningkatan.
Keywords
Penerapan Tutor Sebaya, Strategi CIRC, Hasil Belajar, Sistem Komputer
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 245 times | PDF view : 53 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Ayu Widya Lestari, Riana T Mangesa, Muliadi - -
Terindeks:
Diterbitkan Oleh:
Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer,
Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,
Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar,
Makassar, Telp. (0411) 889629
Email: jurnal.mediatik@unm.ac.id
MediaTIK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
View My Stats MediaTIK