Pengembangan Sychronous Learning Berbasis Kelase, Video Conference dan Webinar untuk Penerapan Blended Learning
(1) 
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jmtik.v2i2.11029
Abstract
Abstrak- Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development) yang bertujuan untuk menghasilkan dan menguji sychronous learning berabasis Kelase dan Webinar pada mata kuliah perangkat keras pada Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Universitas Negeri Makassar. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model yang diadaptasi dari model pengembangan Borg and Gall. Prosedur pengembangan terdiri atas tujuh langkah yaitu research and information collecting (penelitan awal dan pengumpulan informasi), planning (perencanaan), develop preliminary form of product (pengembangan format produk awal), field testing (uji coba). Data dikumpulkan menggunakan wawancara dan angket. Data dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan metode metriks kualitas perangkat lunak ISO 9126. Penelitian menghasilkan synchronous learning berbasis Kelase dan Webinar. Sinchronous learning dinyatakan valid oleh dua orang ahli dan tanggapan responden berada pada kategori sangat baik. Hasil pengujian kualitas video conference Webinar menggunakan metode metriks quality berdasarkan standar ISO 9126 dinyatakan bahwa: faktor functionality dengan nilai 0.61 dalam kategori high, faktor usability dengan nilai 0,46 dalam kategori kategori medium atau cukup, faktor efficiency dengan nilai 0,58 atau masuk ke dalam kategori medium yang berarti perangkat lunak ini cukup efisien, faktor maintability dengan nilai 0,64 yang berarti perangkat lunak ini termasuk dalam kategori medium atau cukup, faktor portability dengan nilai 0,45 yang berarti perangkat lunak ini termasuk dalam kategori medium atau cukup, dan nilai akhir kualitas eksternal yaitu 0,58 termasuk ke dalam kategori medium atau cukup.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Borg, W. R.,& Gall, M. D., 2003. Educational Research. An Introduction. Fifth Edition. New York: Longman.
Chaeruman. A. Uwes. 2009. Pembelajaran Interaktif Dengan Memanfaatkan Aneka Sumber Belajar. Pusat Teknologi Komunikasi Departemen Pendidikan Nasional
Cisco, 2001. E-Learning: Combines Communication, education, Information and Training
Purbo, O. W., 2001. Masyarakat Pengguna Internet di Indonesia.
Article Metrics
Abstract view : 575 times | PDF view : 117 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Suhartono Suhartono
Terindeks:
Diterbitkan Oleh:
Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer,
Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,
Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar,
Makassar, Telp. (0411) 889629
Email: jurnal.mediatik@unm.ac.id
MediaTIK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
View My Stats MediaTIK