Efektivitas Menggunakan Modul Pembelajaran Produktif Berbasis Kompetensi Keahlian TIK Di Sekolah Menengah Kejuruan

Riana T Mangesa(1*), Muhammad Yusuf Mappiasse(2),

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jmtik.v2i2.11027

Abstract


AbstractModul Pembelajaran pembelajaran adalah satu diantara beberapa produk penelitian perangkat pembelajaran yang dikembangkan untuk pembelajaran Competency Based Training (CBT). Tujuannya adalah untuk: (1) Mendeskripsikan tahapan pembelajaran  Modul Pembelajaran pada pembelajaran Produktif Teknik Informatika dan Komunikasi (TIK); (2) memvalidasi prototipe dalam pembelajaran CBT. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan Research and Development dengan tahapan: (1) identifikasi profil kompetensi yang dibutuhkan untuk kebutuhan pengembangan perangkat pembelajaran; (2) penyusunan konseptual; (3) melakukan validasi melalui kegiatan Focus Group Discuistion (FGD); (4) merevisi konseptual dan  (5) memvalidasi Prototipe; (6) melakukan ujicoba. Hasilnya menunjukkan bahwa pada pembelajaran CBT penggunaan Modul Pembelajaran produktif berbasis kompetensi keahlian TIK efektif dipergunakan di SMK


Keywords


Modul Pembelajaran Produktif; Pembelajaran Efektif

Full Text:

PDF

References


Azwar, Saifuddin. (2014). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: PustakaPelajar.

Depdikbud, (2013). Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Depdiknas. (2003). Undang-undang RI Nomor 20 tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Gall, M. D., Gall, J. P. & Borg, W. R., (2003). Educational Research: An Introduction. San Fransisco: Pearson Education.

Munthe, B. (2009). Desain Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Insan Madani

Norton, E. Robert. (2008). Developing a Curriculum Handbook. Third Edition. Columbus, Ohio: The Ohio State University, Center on Education and Training for Employment College of Education & Human Ecology.

R.T.Mangesa dan Dyah D.D. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Kompetensi Bidang Kelistrikan di SMK. Jurnal Cakrawala Pendidikan, Th. XXXIV, No. 3. Oktober 2015.

Samsudi, (2014). Pengembangan Model Pembelajaran Program Produktif SMK untuk Membentuk Karakter Kewirausahaan. Jurnal Cakrawala Pendidikan, Th. XXXIII, No. 2. Juni 2014.

Sudira, Putu. 2009. Tujuh Prinsp Dasar Pendekatan Pembelajaran Berbasis Kompetensi.http://blog.uny.ac.id/putupanji-/tujuhprinsip-cbt/,diunduh 28-1 2016.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup


Article Metrics

Abstract view : 335 times | PDF view : 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Riana T Mangesa, Muhammad Yusuf Mappiasse

Terindeks:

        

 

 

Diterbitkan Oleh:

Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer,

Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,

Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar,

Makassar, Telp. (0411) 889629

Email: jurnal.mediatik@unm.ac.id

 Creative Commons License
MediaTIK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Web Analytics View My Stats MediaTIK