Pemberdayaan Penyandang Disabilitas Dalam Perawatan Dan Perbaikan Peralatan Listrik Dan Elektronik Rumah Tangga Di Kabupaten Gowa

Muliadi Muliadi(1*), Syahrul Syahrul(2),

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak- Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan perawatan dan perbaikan peralatan listrik dan elektronik untuk rumah tangga yang berbasis project work bagi penyandang disabilitas yang dijadikan mitra kegiatan. Adapun metode yang digunakan pada kegiatan pengabdian ini adalah: ceramah dan tanya jawab digunakan untuk materi pelatihan yang bersifat pengetahuan, dan untuk pelatihan yang bersifat keterampilan digunakan metode demonstrasi dan praktik. Solusi yang dilakukan dalam menyelesaikan persoalan mitra terdiri atas 2 bagian, yaitu; 1) kegiatan pelatihan perawatan dan perbaikan peralatan listrik dan elektronik untuk rumah tangga dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang cara perawatan dan perbaikan peralatan listrik dan elektronik untuk rumah tangga, 2) kegiatan project work berupa pembuatan dan perakitan speaker aktif. Hasil yang dicapai dalam kegiatan pengabdian ini adalah 20 orang penyandang disabilitas dari kedua KUBE mitra yang terampil dan kompeten dalam merawat dan memperbaiki peralatan listrik dan elektronik untuk rumah tangga, memiliki pengetahuan tentang manajemen bengkel dan kewirausahaan, dan menghasilkan produk speaker aktif yang berfungsi dengan baik sebagai hasil dari tugas project work.


Keywords


penyandang disabilitas; perawatan dan perbaikan; project work

Full Text:

PDF

References


Ari Irawan, Adimas. 1995. Teknik membuat Penguat Audio Berkualitas Tinggi, Aneka: Solo.

Badan Pusat Statistik Kab. Gowa.2010. Hasil Sensus Penduduk 2010 Kabupaten Gowa.BPS. Gowa.

Boylestad and Nashelsky. 1992. Electronic Devices and Circuit Theory, 5 th ed. Engelwood Cliffs, NJ : Prentice-Hall,Inc.

Dinas Sosial Prov. Sul-Sel.2013. Panti Panti Asuhan, Panti Jompo, dan Panti


Article Metrics

Abstract view : 6 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Muliadi Muliadi, Syahrul Syahrul

Terindeks:

 

 

 

Diterbitkan Oleh:

Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer,

JPTE Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar,

Makassar, Telp. (0411) 889629

Email: [email protected]

 Creative Commons License
MediaTIK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.