Penggunaan Media Pembelajaran Video Tutorial Pembuatan Aplikasi Busana Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa PKK Tata Busana FT UNM

Kurniati Kurniati(1*), Irmayanti Irmayanti(2),

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author



Abstract


AbstrakPermasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya tingkat pemahaman mahasiswa dalam pembuatan aplikasi busana yang diakibatkan oleh kurang efektifnya penggunaan media pembelajaran yang masih bersifat konvensional. Selain itu, mahasiswa juga mengalami kesulitan dalam mencari sumber belajar terkait teknik-teknik dalam pembuatan aplikasi pada busana.  Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan desain ­Posttest Control Grup Design. Penelitian dilakukan di Jurusan PKK Konsentrasi Tata Busana FT UNM. Sampel dalam penelitian adalah mahasiswa konsentarasi tata busana yang memprogram matakuliah teknik menghias kain yang terbagi atas dua kelas yaitu kelas 01 sebagai kelas eksperimen dan kelas 02 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran audio visual dalam pembuatan aplikasi busana berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa. Hal ini dapat dilihat dari adanya perbedaan positif hasil belajar mahasiswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil belajar mahasiswa kelas eksperimen lebih baik daripada hasil belajar mahasiswa pada kelas kontrol. Selain itu, pada hasil angket respon mahasiswa, terlihat bahwa 56% mahasiswa sangat setuju dan 39% setuju dengan penggunaan media pembelajaran video tutorial dalam pembuatan aplikasi busana. Hal tersebut membuktikan bahwa pada umumnya mahasiswa merespon baik terhadap penggunaan media pembelajaran video tutorial pada pembuatan teknik aplikasi busana.


Keywords


Media Pembelajaran; Audio visual; Pembuatan Aplikasi Busana

Full Text:

PDF

References


T. Pada, M. Kuliah, and M. Tanah, “Pengembangan media pembelajaran berbasis video tutorial pada mata kuliah mekanika tanah,” pp. 1–12.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2010.


Article Metrics

Abstract view : 15 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Kurniati Kurniati, Irmayanti Irmayanti

Terindeks:

 

 

 

Diterbitkan Oleh:

Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer,

JPTE Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar,

Makassar, Telp. (0411) 889629

Email: [email protected]

 Creative Commons License
MediaTIK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.