Minat Belanja Produk Busana Online Mahasiswa Pendidikan Kesejaheraan Keluarga Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar

Hamidah Suryani(1*), Irmayanti Irmayanti(2),

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author



Abstract


AbstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh kepercayaan terhadap minat belanja produk busana online, 2) pengaruh kemudahan terhadap minat belanja produk busana online, dan 3) pengaruh kepercayaan dan kemudahan terhadap minat belanja produk busana online Mahasiswa PKK FT-UNM. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Populasi penelitian adalah mahasiswa jurusan PKK FT-UNM angkatan 2013 sampai 2017 dan sampel penelitian sebanyak 103. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket/kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif kepercayaan terhadap minat belanja produk busana online, dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar -3,706, nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai koefisien regresi sebesar -0,536, (2) terdapat pengaruh positfi kemudahan terhadap minat belanja produk busana online, dibuktikan dengan dari nilai t hitung sebesar 7,729, nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai koefisien regresi sebesar 1,031, (3) terdapat pengaruh positif kepercayaan dan kemudahan terhadap minat belanja produk busana online, dibuktikan dengan nilai F hitung sebesar 33,361 nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05).

Keywords


Kepercayaan; Kemudahan; Minat Belanja Produk Online

Full Text:

PDF

References


Pratiwi, H.D. 2013. Online Shop Sebagai Cara Belanja di Kalangan Mahasiswa Unnes. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Kim, D. J., Lee, Ferrin, D. L., dan Rao, H. R. (2003). Antecendents of Consumer Trust in B-to-C Electronic Commerce, Proceedings of Ninth Americans Conference on Information Systems,pp.157-167.

Lau, G and Lee, S. 1999. Consumers Trust In a Brand and The Link To Branda Loyalty. Journal Of Market-Focused Management. (Online). Pg 341.

Davis, Keith dan Newstrom, 2000, Perilaku Dalam Organisasi, Edisi ketujuh, Penerbit Erlangga, Jakarta

Wahyuningtyas, Y. F & Widiastuti, D. A. 2015. Analisis Pengaruh Persepsi Risiko, Kemudahan dan Manfaat Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online (Studi Kasus Pada Konsumen Barang Fashion di Facebook). Jurnal Kajian Bisnis Vol.23, No.2, 2015 112-120. (http:// www. Jurnal.stieww.ac.id, Diakses 30 November 2017)

Venkatesh, V. Dan Davis, F. D. 200. A Theoretical Extensi On Of The Technology Acceptence Model: Four Longitudinal Field Studies Management Science.

Ahmadi, Abu. 2009. Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. 2003. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Kotler, Philip. 2005. Manajamen Pemasaran, Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.

Liang, T & Lai, H. (2000). Electronic Store Design and Consumer Choice: An Empirical Study. Proceedings of The 33rd Hawaii International Conference on System Science

Nusarika, L.A.K & Purnami N.M. 2015. Pengaruh persepsi harga, kepercayaan dan orientasi belanja terhadap niat beli secara online (Studi pada Produk Fashion Online di Kota Denpasar). E-Jurnal Manajemen Unud, (Online), Vol. 4 No. 8 (http://www.eprint s undip.ac.id, Diakses 30 Oktober 2017).

Wijaya, Petra. S.M & Teguh. C. 2012. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli di Online Shop Spesialis Guess. JRMB, (Online), Volume.7 No. 2 Desember 2012 (http://jrmb.ukdy.ac.id, Diakses 30 Oktober 2017)

Arwiedya M. R. 2011. Analisis Pengaruh Harga, Jenis Media, Promosi Resiko Kinerja, dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Via Internet Pada Toko Online (Studi Kasus Pada Konsumen Toko Fashion Online yang bertindak sebagai Reseller yang ada di Indonesia. Jurnal Ekonomi.

Hanny, Hafiar., Levana, A. P, & Priyatna, C. C. 2016. Pemanfaatan Instagram Dalam Mempublikasikan Destinasi Wisata Alam Oleh Traveler Independent. Prosiding Seminar Nasional Komunikasi 2016.

Morman, L, Deshpande, R & Zaltman, G. 1993. Factoring Affecting Trust In Market Research Relationships. (Online). Journal Of Marketing. Vol.57, No.1. (http://www.jornal.markaeting, Diakses 30 Oktober 2017).

Ikranegara, Dikla.P. 2017. Pengaruh Orientasi Belanja, Kepercayaan Online dan Pengalaman Pembelian Terhadap Minat Beli Secara Online. (Studi Kasus Pada Toko Online Buka Lapak). Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. (http://www. Eprints.uny.ac.id, Diakses 18 Desember 2017).

Iswara, Danu. 2016. Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Kualitas Informasi, dan Persepsi Resiko Terhadap Keputusan Pembelian. (Studi Kasus Pada Pengguna Media Sosial Instagram di Kota Yogyakarta). (http://www. Eprints.uny.ac.id. Diakses 18 Desember 2017)


Article Metrics

Abstract view : 111 times | PDF view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Hamidah Suryani, Irmayanti Irmayanti

Terindeks:

 

 

 

Diterbitkan Oleh:

Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer,

JPTE Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar,

Makassar, Telp. (0411) 889629

Email: jurnal.mediatik@unm.ac.id

 Creative Commons License
MediaTIK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.