KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU BAHASA INDONESIA DI KECAMATAN DONRI-DONRI KABUPATEN SOPPENG

Rini Amriani(1*), Anshari Anshari(2), Usman Usman(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Kompetensi Pedagogik Guru Bahasa Indonesia di Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru Bahasa Indonesia di Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng. Jenis penelitian ini ialah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif, Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng. Sumber data dalam penelitian ini ialah guru Bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara dan angket terbuka. Instrumen penelitian ini terdiri dari peneliti dan instrument pendukung berupa pedoman observasi, wawancara dan panduan analisis data. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa guru memiliki pemahaman wawasan dan landasan kependidikan secara mendalam, guru mampu memahami karakteristik peserta didik dengan melakukan berbagai pendekatan, guru mampu mengembangkan kurikulum dan silabus yang akan digunakan sebelum mengajar, guru mampu merancang dan melaksanakan pembelajaran yang mendidik dengan melakukan berbagai metode, guru memanfaatkan teknologi yang disediakan dalam pembelajaran, guru melakukan evaluasi terhadap peserta didik dengan beberapa cara untuk melihat kemampuan peserta didik, guru mengembangkan peserta didik untuk mengaktualisasikan potensinya dengan memberikan dukungan dan arahan kepada peserta didik untuk mengembangkan minat dan bakat yang dimilikinya.

 

Kata kunci: Kompetensi guru, pedagogik, guru bahasa Indonesia


Full Text:

PDF

References


Fattah, M. 2013. Kompetensi Pedagogik Guru Bahasa Arab Madrasah Aliyah Se Kota Samarinda. Fenomena, 5(1).

Husain, C. (2014). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tarakan. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 2(2).

Maarif, M. A., & Sulistyanik, E. D. (2019). Pengembangan Potensi Peserta Didik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence). Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 81-105.

Mandasari, J. (2020). Implementasi Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Di SD Negeri 2 Fajar Indah Kabupaten Bangka Selatan. LENTERNAL: Learning and Teaching Journal, 1(1), 22-30.

Nurhamidah, I. (2018). Problematika kompetensi pedagogi guru terhadap karakteristik peserta didik. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 27-38.

Pidarta, M. (1999). Studi tentang Landasan Kependidikan. Jurnal, Filsafat, Teori dan Praktik Kependidikan.

Rouf, A., & Sugiarti, A. (2018). Kompetensi Guru dalam Mengembangkan Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Fiqih di Kelas X Madrasah Aliyah Balongrejo Sumobito Jombang. doc. Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya, 3(1), 734-757

Sahira, N. 2017. Implementasi Kompetensi Pedagogik Guru pada Proses Pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Al-Fauzan Rantauprapat (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Salimi, M., Suhartono, S., Suyanto, I., & Susiani, T. S. (2016, August). Analisis Pembelajaran Yang Mendidik Tingkat Sekolah Dasar Di Kabupaten Kebumen. In Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan.

Sulfemi, W. B. (2016). Hubungan persepsi peserta didik tentang kompetensi guru mata pelajaran sejarah dengan hasil belajar peserta didik mata pelajaran sejarah di kelas X SMA Negeri 1 Pamijahan Kabupaten Bogor. Jurnal Fascho, 5(2), 52-70.

Sunardi, S., Sudjarwo, S., & Sumadi, S. 2015. Kompetensi Pedagogik Guru Geografi di Sekolah Menengah Atas Negeri Kota Bandar Lampung. Jurnal Studi Sosial, 3(1).

Zendrato, J. (2016). Tingkat penerapan rencana pelaksanaan pembelajaran dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas suatu studi kasus di SMA Dian Harapan Jakarta. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 58-73.


Article Metrics

Abstract view : 187 times | PDF view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Study Program of Indonesian Language Education, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar 

Email: jurnal.manifestasi@gmail.com

Indexed by:

 Address: Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung Campus, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia

 

 

INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License