PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING DENGAN APLIKASI MOODLE

Syahruddin Syahruddin(1*), Hasriani Hasriani(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan media pembelajaran berbasis e-Learning dengan aplikasi Moodle pada mata kuliah pengembangan keterampilan menulis. Penelitian ini, adalah Research and Development (R&D) diuji dengan menggunakan desain pengembangan model ADDIE. Penelitian dilaksanakan di Universitas Negeri Makassar. Subjek uji coba adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengsi angket validasi ahli dan  tes keterampilan menulis. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menujukkan bahwa: (1) Media pembelajaran yang dikembangkan telah layak digunakan dalam mata kuliah pengembangan keterampilan menulis karena kriteria kelayakan telah terpenuhi, yaitu nilai rata-rata kelayakan hasil penialian ahli materi pembelajaran dan desain media pembelajaran berada pada  kategori  sangat layak dan ahli desain media pembelajaran berada pada  sangat layak, dan (2) Media pembelajaran yang dikembangkan telah efektif digunakan dalam mata kuliah pengembangan keterampilan menulis karena karena kriteria keefektifan.


Full Text:

PDF

References


Aminoto, Tugiyo dan Pathoni, Hairul. 2014. Penerapan Media e-Learning Berbasis Schoology untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Usaha dan Energi di Kelas XI SMAN 10 Kota Jambi. Jurnal Sainmatika Volome 8 Nomor.

Amrulloh, Rizqim, dkk. 2013. The Feasibility Theoretical of Learning Media of Interactive Multimedia in The Topic of Mutation for Senior High School. Jurnal BioEdu Volume 2 Nomor 2.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers

Cole, J., Foster H. 2008. Using moodle: Teaching With The Popular Open Source Course Management System. O’Reilly Media: Sebastopol.

Daryanto, dkk. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, dan PHP Bahan Ajar. Yogyakarta: Gava Media.

Darmayanti, dkk. 2007. e-Learning pada Pendidikan Jarak Jauh: Konsep yang Mengubah Metode Pembelajaran di Perguruan Tinggi Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, Volume 8 Nomor 2.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia

http://www.moodle.org. Moodle. Diakses tanggal 18 Mei 2017

Isjoni. 2008. Pemanfaatan Teknologi Pengajaran: Harapan untuk Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mulyatiningsih, Endang. 2012. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Safitri, Miftah Rizqa, dkk. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran IPA Terpadu Interaktif dalam Bentuk Moodle untuk SISWA SMP pada Tema Hujan Asam. Jurnal Pendidikan Fisika, Volume 2 Nomor 1.

Sakaria, dkk. 2016. Teaching Material Development of e-Learning-Based Argumentation Discourse Writing with Project-Based Learning Model. Journal of Language and Literature (JLL), Volume7 Nomor 4.

Sanaky, H. 2011. Media Pembelajaran Buku Pegangan Wajib Guru dan Dosen. Yogyakarta : Kaukaba Dipantara.

Setyosari, Punaji. 2012. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.

Solihatin, Etin dan Raharjo. 2007. Cooperative Learning. Jakarta : Bumi Aksara.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Wijaya, Muksin. 2012. Pengembangan Model Pembelajaran e-Learning Berbasis Web dengan Prinsip e-Pedagogy dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Penabur, Volume 19 Nomor 1.

Winkel. 2009. Psikologi Pengajaran .Yogyakarta: Media Abadi.

Yazdi, Mohammad. 2012. e-Learning sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Ilmiah Foristek, Volume 2 Nomor 1.


Article Metrics

Abstract view : 246 times | PDF view : 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Study Program of Indonesian Language Education, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar 

Email: jurnal.manifestasi@gmail.com

Indexed by:

 Address: Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung Campus, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia

 

 

INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License