PENILAIAN PROSES DALAM BUKU TEKS BAHASA INDONESIA SMP KELAS IX BERDASARKAN KURIKULUM 2013

A. Nur Khusnul Khatimah(1*), Nensilianti Nensilianti(2), Muhammad Saleh(3),

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Penilaian Proses dalam Buku Teks Bahasa Indonesia SMP Kelas IX Berdasarkan Kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) Bentuk penilaian proses dalam Buku Teks Bahasa Indonesia SMP kelas IX berdasarkan Kurikulum 2013; (2) Jenis-jenis penilaian  proses dalam Buku Teks Bahasa Indonesia SMP kelas IX berdasarkan Kurikulum 2013; (3) Rubrik penilaian proses dalam Buku Teks Bahasa Indonesia SMP kelas IX berdasarkan Kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Fokus penelitian adalah bentuk penilaian proses, jenis penilaian proses, dan rubrik penilaian proses. Desain penelitian deskriptif dengan analisis konten. Data penelitian bersumber dari buku teks bahasa Indonesia SMP kelas IX, Teknik pengumpulan data penelitian, yaitu: Melakukan pembacaan dan Melakukan pencatatan terkait data yang termasuk dalam kategori yang dibutuhkan. Instrumen utama penelitian adalah peneliti sendiri. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penilaian proses dalam buku teks bahasa Indonesia SMP kelas IX berdasarkan kurikulum 2013, yaitu bentuk penilaian, jenis penilaian proses, rubrik penilaian proses.


Full Text:

PDF

References


Arif, S. 2012. "Penerapakan Penilaian Autentik pada Mata Pelajaran PAI di SMPN 1 Pamekasan". NUANSA: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Dan Keagamaan Islam, 11(12), 236-262.

Ermawati, S., & Hidayat, T. 2017. "Penilaian Autentik dan Relevansinya dengan Kualitas Hasil Pembelajaran. (Persepsi Dosen dan Mahasiswa Ikip Pgri Bojonegoro)". Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 27(1), 92–103.

Kemendikbud. 2017. Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan untuk Sekolah Menengah Pertama (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan). 1-188.

Kemendikbud. 2018. Bahasa Indonesia SMP/Mts KELAS IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kurniawan, K. 2016. "Kajian Buku Teks Bahasa Indonesia Berbasis Kecakapan Hidup". Lingua, 12(2), 124–132.

Kusaeri. 2014. Acuan dan Teknik Penilaian Proses dan Hasil Belajar Kurikulum 2013. (Ar-Ruzz Media).

Novianto, A., & Mustadi, A. 2015. "Analisis Buku Teks Muatan Tematik Integratif, Scientific Approach, dan Authentic Assessment Sekolah Dasar". Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 45(1), 1–5.

Rochmiyati, Siti. 2018. "Telaah Teknik dan Bentuk Penilaian Dalam Buku Teks Siswa Bahasa Indonesia SMP Kurikulum 2013". Sosiohumaniora, 4(2), 171–180

Rukmana, T., & Mundilarto, M. 2016. "Keterlaksanaan Penilaian Autentik Mata Pelajaran Fisika SMA Negeri". Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1), 111–121.

Thalia, C., Kurniawan, A. R., & Jambi, P. F. 2018. Identifikasi Penilaian Autentik pada Kurikulum 2013.

Widyaningsih, Vera. 2013. "Pengembangan Rubrik Penilaian Portofolio Proses Sains Siswa pada Materi Ekosistem di SMP Negeri 1 Wedarijaksa Kabupaten Pati". Skripsi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. 1-184.

Wismanto, A. 2016. "Evaluasi Pembelajaran Bahasa Menggunakan Taksonomi Bloom Mulai Dari Versi Lama Sampai Versi Revisi". Jurnal Universitas PGRI Semarang, 2(2), 1–16.


Article Metrics

Abstract view : 48 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Study Program of Indonesian Language Education, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar 

Email: jurnal.manifestasi@gmail.com

Indexed by:

 Address: Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung Campus, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia

 

 

INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License