PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LAPTOP MEREK ASUS (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar)

Ahmad Faezal(1*), Uhud Darmawan Natsir(2), Burhanuddin Burhanuddin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jm.v2i2.34586

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Merek ASUS (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri  Makassar). Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kualitas produk dan citra merek, sedangkan variabel terikatnya adalah keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa fakultas ekonomi Universitas Negeri Makassar yang menggunakan laptop ASUS, sedangkan sampel sebanyak 100 orang mahasiswa dengan teknik penarikan sampling purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS 25.00 for windows.Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan kualitas produk dan citra merek mempunyai pengaruh yang sangat penting diperhatikan, karena dengan kualitas produk memiliki nilai yang dapat memuaskan konsumen baik secara fisik maupun secara psikologinya yang terdapat dalam suatu produk dapat mempengaruhi konsumen untuk melakukan keputusan pembelian dan dengan citra merek yang positif dan mampu meyakinkan konsumen terhadap produk tersebut, maka dapat membentuk pemikiran konsumen tentang suatu kualitas dari produk itu sehingga berefek pada konsumen dalam melakukan keputusan dalam pembelian.

Kata kunci: Kualitas Produk, Citra Merek dan Keputusan Pembelian

Abstract. This study aims to determine the effect of product quality and brand image on purchasing decisions for ASUS brand laptops (Case Study on Students of the Faculty of Economics, Makassar State University). The independent variables in this study are product quality and brand image, while the dependent variable is purchasing decisions. The population in this study were all students of the Faculty of Economics, Makassar State University who used ASUS laptops, while the sample was 100 students using purposive sampling. Data collection was done by using a questionnaire. The data analysis technique used is multiple linear regression analysis using SPSS 25.00 for windows. psychologically contained in a product can influence consumers to make purchasing decisions and with a positive brand image and be able to convince consumers of the product, it can shape consumer thinking about a quality of the product so that it has an effect on consumers in making purchasing decisions.

Keyword: Product Quality, Brand Image and Purchase Decision


Full Text:

PDF

References


Ayu Amraeni. (2019). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Asus Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Negeri Makassar. Http://Eprints.Unm.Ac.Id/Id/Eprint/14294

Chrisdian, A. (2019). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Laptop Merek Asus Pada Mahasiswa Di Universitas Gadjah Mada. Universitas Sanata Dharma.

Elsa Nur Istikhanah. (2019). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Merek Asus. Jurnal Ilmiah Manajemen Pemasaran.

Fathalah, A. (2013). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Es Krim Wall’s Magnum. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi,Universitas Negeri Surabaya, KampusKetintangSurabaya,1.Jurnalmahasiswa.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jim/Article/View/2974

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Spss 19. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program (IBM SPSS). Edisi 8. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Hendra Noky Andrianto. (2013). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Jenis Mpv Merek Toyota Kijang Innova Di Semarang. Universitas Diponegoro Semarang.

Moh Yazid Irfa’i Dan Harini Abrilia Setyawati. (2021). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Asus Di Kebumen. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, Vol.2. Http://Journal.Stieputrabangsa.Ac.Id/Index.Php/Jimmba/Index

Mohammad. (2010). Metodologi Dan Aplikasi Riset Pendidikan. . Bandung Pustaka Cendikia Utama.

Ramadhani, F. (2019). Pengaruh Labelisasi Halal, Harga Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah. Uin Alauddin Makassar.

Ramdhan Maulana, L. A. Dan H. N. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pembeli Laptop Asus Di Jakarta Selatan). Konferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 2(Korelasi), 524–537.

Resita Agustin. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Laptop Asus Pada Mahasiswa Un Pgri Kediri. Jurnal Simki Economic, Vol. 01.

Riduwan. 2010. Pengantar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian. Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Statistik Untuk Penelitian. Alfabeta.

Supriyadi, Dkk. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Produk Sepatu Merek Converse Di Fisip Universitas Merdeka Malang). Jurnal Bisnis Dan Manajemen, Volume 4 N. Http://Jurnal.Unmer.Ac.Id/.

Widya Hartini. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Merek Asus. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Pekanbaru Riau.

Yulia Nurendah. (2014). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen.181. Https://Www.Researchgate.Net/Publication/325455513


Article Metrics

Abstract view : 573 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Jurnal Manajemen

index by:

               

 

 Creative Commons License
Jurnal Manajemen is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.