PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA KFC CABANG PETTARANI KOTA MAKASSAR

Vira Auliah(1*), Muhammad Ichwan Musa(2), Uhud Darmawan Natsir(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jm.v2i1.31998

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan pada KFC cabang pettarani kota Makassar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kualitas produk sedangkan variabel terikatnya adalahkepuasan pelanggan. Populasi dalam penelitian ini yaitu pelanggan KFC Pettarani Kota Makassar yang berjumlah 43.000 orang pelanggan setiap bulannya, sedangkan sampel yang digunakan berdasarkan rumus slovin dengan tingkat kesalahan 10% yaitu sebanyak 100 orang responden. Teknik penarikan sampling yaitu non probability sampling dengan teknik yang diambil yaitu teknik accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan SPSS 25.00 for windows. Berdasarkan analisis regresi linier sederhana, diperoleh hasil bahwa kualitas produk mempengaruhi kepuasan pelanggan. Pengaruh yang diberikan bersifat positif dan signifikan. Arah positif yang diberikan variabel kualitas produk (independen) dapat dilihat dari persamaan regresi sebagai berikut: Y = 1,663 + 0,310X. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kualitas produk adalah apa saja yang dapat ditawarkan baik berupa produk atau jasa kepada pasar agar dapat dibeli, digunakan, atau dikomsumsi, yang dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan pelanggan.Sedangkan kepuasan pelanggan adalah lebih mengarah pada perasaan senang atau kecewa dari seseorang yang muncul setelah membandingkan produk maupun jasa dari apa yang mereka pikirkan dengan apa yang mereka harapkan. Adapun alat ukur kepuasan pelanggan yaitu memberi kesempatan bagi para pelanggan untuk menyampaikan saran, pendapat maupun keluhan, dengan informasi yang diberikan pelanggan sangat berguna untuk memperbaiki kekurangannya. Jadi dapat disimpulkan bahwa apabila kualitas produk memberikan kesan positif maka akan meningkatkan kepuasan pelanggan begitupun sebaliknya, apabila dari kualitas produk memberikan kesan negatif maka kepuasan pelanggan akan menurun. Karena pelanggan akan merasa puas apabila membeli dan mengkomsumsi produk yang memiliki kualitas yang baik.

Kata Kunci: Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan

Abstract. This study aims to determine the effect of product quality on customer satisfaction at the KFC pettarani branch in Makassar. The independent variable in this study is product quality, while the dependent variable is customer satisfaction. The population in this study is the customer of KFC Pettarani Makassar City, amounting to 43,000 customers each month, while the sample used is based on the Slovin formula with an error rate of 10%, namely 100 respondents. Withdrawal sampling technique is non-probability sampling with the technique taken is accidental sampling technique. Data was collected using a questionnaire. The data analysis technique used is simple linear regression analysis using SPSS 25.00 for windows. Based on simple linear regression analysis, the results obtained that product quality affects customer satisfaction. The influence given is positive and significant. The positive direction given by the product quality variable (independent) can be seen from the regression equation as follows: Y = 1.663 + 0.310X. This shows that product quality has a positive and significant effect on customer satisfaction. Product quality is anything that can be offered either in the form of products or services to the market so that it can be purchased, used, or consumed, which can satisfy the desires or needs of customers. While customer satisfaction is more directed to feelings of pleasure or disappointment from someone who appears after comparing products. and services from what they think with what they expect. The measuring instrument for customer satisfaction is to provide opportunities for customers to submit suggestions, opinions or complaints, with the information provided by customers is very useful to correct deficiencies. So it can be concluded that if the quality of the product gives a positive impression it will increase customer satisfaction and vice versa, if the quality of the product gives a negative impression then customer satisfaction will decrease. Because customers will feel satisfied when they buy and consume products that have good quality.

Keywords: Product Quality and Customer Satisfaction


Full Text:

PDF

References


Handi, Irawan. 2002. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta : Elex Media.

Kotler, Philip.1997. Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan, Implementasi,dan Pengendalian, Edisi Bahasa Indonesia, Jakarta : Prentice Hall.

Kuncoro, M. 2013. Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi. Edisi 4. Jakarta : ERLANGGA

Tjiptono, Fandy. 1997. Strategi Pemasaran, Edisi Kedua, Penerbit Andi-Offset, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy, 2002, Strategi Pemasaran, Edisi Kedua, Penerbit Andioffset, Jakarta.

Tjiptono, F. 2019. Pemasaran Jasa Yogyakarta : CV. Andi Offset.

Suyoto, S., & Sodik, M.A. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta : Literasi Media Publishing.


Article Metrics

Abstract view : 299 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Jurnal Manajemen

index by:

               

 

 Creative Commons License
Jurnal Manajemen is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.