PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN SMARTPHONE SAMSUNG (STUDI KASUS PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR)

Nandi Rasdiana Sri Sandro(1), Abdi Akbar(2*), Muhammad Ilham Wardhana Haeruddin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jm.v2i1.31987

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga terhadap kepuasan konsumen smartphone Samsung (studi kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar). Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kualitas produk dan harga, sedangkan variabel terikatnya adalah kepuasan konsumen. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh Mahasiswa aktif Fakultas Ekonomi UNM angkatan 2018 dengan menggunakan metode Sampling diperoleh sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan Statistical Product and Service Solution (SPSS) v. 13. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk (X1) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen smartphone Samsung. Harga (X2) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen smartphone Samsung. Serta kualitas produk (X1) dan harga (X2) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen smartphone Samsung.

Kata kunci: Kualitas Produk, Harga, dan Kepuasan Konsumen

This study is a quantitative study that aims to determine the effect of product quality and price on consumer satisfaction of Samsung smartphones (a case study on students of the Faculty of Economics, State University of Makassar). The independent variables in this study are product quality and price, while the dependent variable is consumer satisfaction. The population in this study were all active students of the Faculty of Economics, State University of Makassar class of 2018, using the Sampling method, a sample of 100 respondents was obtained. Data collection techniques used are questionnaires, literature study, and documentation. The data analysis technique used is multiple linear regression analysis using Statistical Product and Service Solution (SPSS) v. 13. The results of this study indicate that product quality (X1) partially has a significant effect on consumer satisfaction for Samsung smartphones. Price (X2) partially has a significant effect on consumer satisfaction of Samsung smartphones. And product quality (X1) and price (X2) simultaneously have a significant effect on consumer satisfaction for Samsung smartphones.

Keywords: Product Quality, Price, and Consumer Satisfaction.


Full Text:

PDF PDF

References


Amalia, L. (2013). Analisis Hubungan Kepuasan Dengan Loyalitas Konsumen Terhadap Sepeda Motor Yamaha Vixion Pada Bengkel Abadi Motor Kebon Jeruk Jakarta Pusat. Jurnal Ekonomi Universitas Esa Unggul Jakarta, 4(2), 65–77. https://www.neliti.com/id/publications/17897/analisis-hubungan-kepuasan-dengan-loyalitas-konsumen-terhadap-sepeda-motor-yamaha

Aulia, M., & Hidayat, I. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Amanda Brownies. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 6(5), 1–17.

Gaol, A. L., Hidayat, K., & Sunarti. (2016). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen dan Loyalitas Konsumen (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Tahun Akademik 2012/2013 Universitas Brawijaya yang Menggunakan Smartphone Samsung). Jurnal Administrasi Bisnis, 38(1), 125–132. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/1491

International Data Corporation (IDC). (2021b). Smartphone Shipments Return to Positive Growth in the Fourth Quarter Driven by Record Performance by Apple, According to IDC. International Data Corporation (IDC). https://www/idc.com/getdoc.jsp?containerld=prUS47410621

Lukman, S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Bumi Tirta Pangan Kencana [Univeristas BuddhiDharma Tangerang]. http://repositori.buddhidharma.ac.id/768/

Musa, M. I. (2017). Pengaruh Esensi Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar. Jurnal EconomixEconomix, 5(2), 58–69.

Musyaffa, N. N. (2019). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus pada Penumpang Kereta Api Kelas Eksekutif Argo Sindoro PT. KAI DAOP IV Semarang). ejournal3.Undip, 8(4), 3–4.

Ofela, H., & Agustin, S. (2016). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Kebab Kingabi. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 5(1), 1–15.

Purnamasari, I. G. . Y. (2015). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Produk M2 Fashion Online Di Singaraja Tahun 2015. Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi (JJP), 5(1), 1–12.

Shinta, A. (2011). Manajemen Pemasaran (1 ed.). Universitas Brawijaya Press (UB Press).

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.


Article Metrics

Abstract view : 716 times | PDF view : 0 times PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Jurnal Manajemen

index by:

             

 

 Creative Commons License
Jurnal Manajemen is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.