PENGARUH STRUKTUR AKTIVA DAN PROFITABILITAS TERHADAP STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN SUBSEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Halizah Putri Iriani(1*), Ahmad Ali(2), Zainal Ruma(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jm.v2i1.31613

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh struktur aktiva dan profitabilitas terhadap struktur modal. Variabel penelitian ini adalah: (1) struktur modal sebagai variabel terikat (Y) yang diukur dengan debt to equity ratio (DER), (2) struktur aktiva sebagai variabel bebas (X1) yang diukur dari perbandingan aktiva tetap dengan total aktiva, dan (3) profitabilitas sebagai variabel bebas (X2) yang diukur dengan Return on Assets (ROA). Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sedangkan sampel adalah laporan keuangan perusahaan barang konsumsi subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang diambil dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi dari data sekunder. Analisis data dilakukan dengan uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji signifikansi individual, uji signifikansi simultan, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan struktur aktiva secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap struktur modal. Sedangkan profitabilitas secara parsial berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap struktur modal. Struktur aktiva, profitabilitas dan ukuran perusahaan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap struktur modal.

Kata kunci: Struktur Aktiva, Profitabilitas, Struktur Modal

Abstract: This research aimed to determine the effect of asset structure and profitability on capital structure. The variables of this study are: (1) capital structure as the dependent variable (Y) as measured by the debt to equity ratio (DER), (2) asset structure as the independent variable (X1) as measured by the ratio of fixed assets to total assets, and (3) profitability as an independent variable (X2) as measured by Return on Assets (ROA). The population of this research is all food and beverage companies listed on the Indonesia Stock Exchange, and the sample is the financial statements of consumer goods companies in the food and beverage subsector listed on the Indonesia Stock Exchange which were choosen using purposive sampling technique. The data were collected by means of documentation from secondary data. The data obtained were analyzed using classical assumption test, multiple regression analysis, individual significance test, simultaneous significance test, and coefficient of determination. The results of this research indicate that the asset structure partially has a positive and significant effect on the capital structure. While profitability partially has a positive and not significant effect on capital structure. Asset structure, profitability and firm size simultaneously have a significant effect on capital structure.

Keywords: Asset Structure, Profitability, Capital Structure.



Full Text:

PDF

References


Ang, R. (1997). Buku Pintar Pasar Modal Indonesia. Jakarta: Media Soft Indonesia.

Ayu, N. K., & Putu, N. L. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Struktur Modal Perusahaan Property & Real Estate Yang Terdaftar di BEI. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 6 No. 6, 3168-3195.

Dewi, S. P., Sugiarto, E., & Susanti, M. (2017). Pengantar Akuntansi : Sekilas Pandang Perbandingan dengan SAK yang mengadopsi IFRS, SAK ETAP, dan SAK EMKM. Bogor: IN MEDIA.

Dewi, W., & Setyo, H. (2014). Faktor-Faktor Penentu Struktur Modal Perusahaan Non Keuangan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen dan Pemasaran Jasa Vol. 7, No. 2, 294.

Fahmi, I. (2012). Analisis Laporan Keuangan. Bandung: ALFABETA, CV.

Firnanti, F. (2011). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Bisnis dan Akuntansi. Vol. 13, No. 2, 119-128.

Halim, A. (2015). Manajemen Keuangan Bisnis. Bogor: Ghalia Indonesia.

Harahap, S. S. (2016). Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali Pers.

Husnan, S., & Pudjiastuti, E. (2015). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Edisi 7. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Irdiana, S. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Struktur Modal Pada Perusahaan Kategori Saham Blue Chips di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2011-2014. Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi WIGA Vol. 6 No. 1, 15-26.

Jusrizal, & Aloysius. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Struktur Modal (Studi Empiris pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2014). PROFITA Vol. 10 No. 3, 373-387.

Kasmir. (2015). Analisis Laporan Keuangan. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Kasmir. (2016). Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta: Prenada Media.

Lestari, R. U., & Irianto, D. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2015. JOURNAL OF APPLIED MANAGERIAL ACCOUNTING Vol. 1 No. 2, 164-178.

Myers, S. C. (1984). Capital Structure Puzzle. The Journal of Finance Vol. 39 Issue 3, 574-592.

Myers, S. C., & Majluf, N. S. (1984). Corporate Financing and Investment Decisions When Firms Have Information That Investors Do Not Have. Journal of Financial Economics, Vol. 13, 187-221.

Nurrohim, H. (2008). Pengaruh Profitabilitas, Fixed Asset Ratio, Kontrol Kepemilikan dan Struktur Aktiva Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Manufaktur di Indonesia. Kajian Bisnis dan Manajemen Vol. 10 No. 1, 11-18.

Prasetyo. (2015). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2014. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Prastika, C. D., & Sudaryanti, D. S. (2019). Pengaruh Struktur Aktiva dan Profitabilitas Terhadap Struktur Modal (Penelitian Pada PT. Mayora Indah, Tbk.). Jurnal Ekonomi Manajemen Vol. 5 No. 1, 51-59.

Pratiwi, R. A., Topowijono, & Zahroh. (2017). Pengaruh Struktur Aktiva, Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Struktur Modal (Studi Pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2015). Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 50 No. 4, 1-9.

Riyanto, B. (2011). Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta: BPFE-YOGYAKARTA.

Sudana, I. M. (2011). Manajemen Keuangan Perusahaan : Teori & Praktik. Surabaya: Erlangga.

Tijow, A. P., Sabijono, H., & Tirayoh, V. Z. (2018). Pengaruh Struktur Aktiva dan Profitabilitas Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi Going Concern 13(3), 477-488.


Article Metrics

Abstract view : 653 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Jurnal Manajemen

index by:

               

 

 Creative Commons License
Jurnal Manajemen is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.