ANALISIS KELOMPOK REFERENSI , KELUARGA, PERAN DAN STATUS YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN DI MINI MARKET/ MINIMALIS DI KABUPATEN SINJAI

Reni Reni(1*), Muhammad Ilham Wardhana Haeruddin(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makaasar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jm.v1i2.27791

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis Kelompok Referensi (X1), Keluarga (X2), Peran dan Status (X3) berpengaruh terhadap Perilaku Konsumen (Y) terhadap pembelian di Minimalis.  Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang berbelanja di Minimalis. Sampel yang di ambil sebanyak 115 responden. Pengumpulan data yang dilakukan dengan membagikan kuesioner/angket dengan menggunakan rumua slovin kepada konsumen yang pernah berbelanja di Minimalis. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis linear berganda dan menggunakan dua metode Uji Simultan (f) dan Uji Persial (t) dengan menggunakan Statitical Product and Service Solution (SPSS). Berdasarkan Hasil dari penelitian diperoleh persamaan regresi berganda Y=7,996+0,336X1+0,006X2+0,256X3. Hasil hipotesis Uji F menujukkan nilai F hitung lebih besar dari nilai F tabel dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05, yang berarti variabel bebas (kelompok refrensi, keluarga, peran dan status). Secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap variabel Y (perilaku konsumen). Sedangkan hasil Uji t , diperoleh nilai t tabel dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05, yang berarti variabel X1 (kelompok refrensi) secara persial berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Y (perilaku konsumen). Untuk variabel keluarga diporeloh nilai t hitung lebih kecil dan t tabel dan taraf signifikan 0,000 < 005 yang berarti variabel X2 (keluarga) secara persial tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Y (perilaku konsumen). Sedangkan untuk variabel peran dan status diperoleh nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel dan taraf nilai signifikan 0,0005< 0,05, yang berarti X3 (peran dan status) secara persial berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Y (perilaku konsumen).

Kata kunci : Kelompok Referensi, Keluarga, Peran dan Status, Perilaku Konsumen

Abstract: This study aims to determine the analysis of Reference Groups (X1), Family (X2), Roles and Status (X3) influence consumer behavior (Y) on purchasing in Minimalism. The population in this study are all consumers who shop at Minimalist. Samples taken as many as 115 respondents. Data collection was carried out by distributing questionnaires/questionnaires using slovin formulas to consumers who had shopped at Minimalist. The data analysis technique used is multiple linear analysis technique and uses two methods of Simultaneous Test (f) and Partial Test (t) using Statistical Product and Service Solution (SPSS). Based on the results of the study, the multiple regression equation Y=7,996+0,336X1+0,006X2+0,256X3. The results of the F test hypothesis show that the calculated F value is greater than the F table value with a significant level of 0.000 <0.05, which means the independent variables (reference group, family, role and status). Simultaneously significant positive effect on variable Y (consumer behavior). While the results of the t-test, the t-table value is obtained with a significant level of 0.000 <0.05, which means that the X1 variable (reference group) partially has a positive and significant effect on the Y variable (consumer behavior). For the family variable, the t-count value is smaller and the t-table and significant level 0.000 <005, which means that the X2 (family) variable partially has no positive and significant effect on the Y variable (consumer behavior). As for the role and status variables, the calculated t value is greater than the t table value and the significant value level is 0.0005 < 0.05, which means that X3 (role and status) partially has a positive and significant effect on the Y variable (consumer behavior).

Keywords: Reference Group, Family, Role and Status, Consumer Behavior


Full Text:

PDF

References


Burhan, B. 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan publik serta ilmu-ilmu sosial lainnya. Jakarta: Prenada Media.

Ismanto Setyabudi, D. 2014. Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Gava Media.

Kotler, P., & Armstrong, G. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Susanto, A. B. 2001. Manajemen Pemasaran di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

Machfoedz, M. 2005. Pengantar Pemasaran Modern. Yogyakarta: Upp Amp Ykpn.

Setiawan, A. 2016. Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Beras Organik Produksi Kabupaten Pringsewu.


Article Metrics

Abstract view : 203 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Jurnal Manajemen

index by:

               

 

 Creative Commons License
Jurnal Manajemen is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.