ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN MIE INSTAN MEREK INDOMIE (STUDI KASUS MAHASISWA ANAK KOST FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR)

Ajis Chaniago Indrawan(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jm.v1i2.27078

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor kebudayaan, sosial, pribadi dan psikologi terhadap proses keputusan pembelian produk mie instan merek Indomie baik secara parsial maupun secara simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar yang telah mengonsumsi mie instan merek Indomie dan merupakan anak kost. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Dari analisis regresi didapatkan persamaan Y= 3.890 + 0.464X1 - 0.053X2 + 0.177X3 + 0.435X4. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Faktor budaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap proses keputusan pembelian produk mie instan merek Indomie; (2) Faktor sosial berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap proses keputusan pembelian produk mie instan merek Indomie; (3) Faktor pribadi berpengaruh positif dan signifikan terhadap proses keputusan pembelian produk mie instan merek Indomie; (4) Faktor psikologi berpengaruh positif dan signifikan terhadap proses keputusan pembelian produk mie instan merek Indomie; (5) Faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologi berpengaruh signifikan terhadap proses keputusan pembelian produk mie instan merek Indomie. Variabel budaya berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian produk mie instan merek Indomie dengan nilai koefisiensi regresi sebesar 0.464.

Kata Kunci: Budaya, Sosial, Pribadi, Psikologi, Keputusan Pembelian

Abstract: This study aims to determine the influence of cultural, social, personal and psychological factors on the purchasing decision process of Indomie brand instant noodle products, either partially or simultaneously. The population in this study were students of the Faculty of Economics, Makassar State University who had consumed Indomie brand instant noodles and were boarding children. The data collection technique in this study used a questionnaire that had been tested for validity and reliability. The data analysis technique used multiple regression analysis. From the regression analysis, the equation Y= 3.890 + 0.464X1 - 0.053X2 + 0.177X3 + 0.435X4. The results of this study indicate that: (1) cultural factors have a positive and significant effect on the purchasing decision process of Indomie brand instant noodle products; (2) Social factors have an insignificant negative effect on the purchase decision process for Indomie brand instant noodle products; (3) Personal factors have a positive and significant impact on the purchase decision process for Indomie brand instant noodle products; (4) Psychological factors have a positive and significant effect on the purchasing decision process of Indomie brand instant noodle products; (5) Cultural, social, personal and psychological factors have a significant effect on the purchase decision process for Indomie brand instant noodle products. The cultural variable has a dominant effect on purchasing decisions for Indomie brand instant noodle products with a regression coefficient of 0.464.

Keywords: Culture, Social, Personal, Psychology, Purchase Decision

 


Full Text:

PDF

References


Aaker. 2008. Managemen Ekuitas Merek, alih bahasa Aris Ananda. Mitra Utama. Jakarta.

Amalia, Firda. 2011. Analisis Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi Dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Penambah Tenaga Cair Merek M – 150 Di Semarang.

Arikunto, Suharsimi. 1996. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rieneka Cipta.

Darmawati, D., dkk. 2007. Analisis Pengaruh Kebudayaan, Sosial, Kepribadian dan Psikologi terhadap Keputusan Pembelian Shar’e. Jurnal Performance: Vol 6 No. 1 (p. 16-32).

Engel, J., Blackwell, R., & Minniard, P. W. 1994. Perilaku Konsumen. Jakarta: Binarupa Aksara.

Haliana, Novel. 2009. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Mie Instan Merek Indomie. Jurnal.

Iradah, Nurul, Ruma, Zainal, Musa, Muh. Ichwan, 2020. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Kartu Prabayar Axis Pada Masyarakat Pongsimpin Kota Palopo. http://eprints.unm.ac.id/19075.

Kementerian Riset, Teknologi Dan Pendidikan Tinggi. 2019. SRV4 PDDIKTI: Pangkalan Data Pendidikan Tinggi. https:// forlap. ristekdikti. go.id/ perguruantinggi/detail/QzZFQUQwN0UtNDMzRi00Q0U4LTk5MkUtNDFBNTBGMkM3MThB/ (diakses 9 Juni 2019)

Kotler, Philip & Amstrong, Gary. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1 dan 2. Edisi 12. Jakarta: Erlangga..

Mowen, John, & Minor, M. 2002. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi.

Nugraha, Alfian Adi. 2018. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Daya Tarik Iklan terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan (Studi Kasus pada Konsumen Produk Mie Sedaap di Yogyakarta). Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Setiadi, Nugroho 2008. Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Kencana Prenada Group.

Siregar, Sri Yusnida. 2018. Pengaruh Citra Merek, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Mie Sedaap Instan pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara.

Suroto, K.S., Fanani, Z., &. Nugroho, B. A. 2012. Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Susu Formula Anak (Balita) di Kota Malang. Buana Sains Vol 12 No 2.

Top Brand Award. 2019. Mie Instant dalam Kemasan Bag. Top Brand Award. https://www.topbrand-award.com/en/2019/04/mie-instant-dalam-kemasan-bag/ (diakses 9 Juni 2019).

WINA. 2019. Global Demand for Instant Noodles. World Instant Noodles Association. https:// instantnoodles.org/en/noodles/market.html (diakses 20 Februari 2020).


Article Metrics

Abstract view : 673 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Jurnal Manajemen

index by:

             

 

 Creative Commons License
Jurnal Manajemen is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.