PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (STUDI KASUS PADA RUMAH MAKAN HIDAYAT KECAMATAN LALABATA KABUPATEN SOPPENG)

Wahyullah Akbar(1*), Zainal Ruma(2), Taslim Dangnga(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jm.v1i1.22337

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 50 orang konsumen rumah makan hidayat. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, Observasi dan angket. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan Statistical Product and Servise Solution (SPSS). Hasil Penelitian ini menunjukkan kualitas pelayanan (X1) secara parsial memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kosumen. Harga (X2) secara parsial memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kosumen. Serta secara simultan kedua variabel bebas tersebut memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen.

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan Konsumen

 

This study aims to determine how the influence of service quality and price on customer satisfaction. The number of samples used were 50 consumers of Hidayat restaurants. Data collection was done by using interview, observation and questionnaire methods. The data analysis technique used is multiple linear regression analysis using Statistical Product and Service Solution (SPSS).

The results of this study indicate that service quality (X1) partially has a positive and significant effect on customer satisfaction. Price (X2) partially has a positive and significant effect on customer satisfaction. And simultaneously the two independent variables have a significant influence on consumer satisfaction.

 Keywords: Service Quality, Price, Consumer Satisfaction


Full Text:

PDF

References


Augusty, Ferdinand. (2006). Metode Penelian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Garvin, D. A. dan Lovelock. (2004). Strategi Marketing. Yogyakarta: Andi Offset.

Gasperz, Vincent. (2005). Total Quality Management. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Ghazali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program, IBM SPSS 19, Edisi Kelima. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. (2014). Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi 15 Jilid I. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2012). Manajemen Pemasaran, Edisi 14 Jilid I. Jakarta: Indeks Kelompok Gramedia.

Laksana, Fajar. (2019). Praktis Dalam Memahami Manajemen Pemasaran. Depok: Khalifah Mediatama.

Nasution, M. Nur. (2015). Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Jakarta: Ghalia Indonesia.

Priyatno, Duwi. (2017). Panduan Praktis Olah Data Menggunakan SPSS. Yogyakarta: Andi Offset.

Rangkuti, Freddy. (2017). Measuring Customer Satisfaction: Gaining Customer Relationship Strategy; Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Ratnasari, Ririn Tri dan Mastuti Aksa. (2011). Manajemen Pemasaran Jasa. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sangadji, Etta Mamang. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi Offset.

Sangadji, dan Sopiah. (2010). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

Stanton, J. Wiliam. (2012). Prinsip Pemasaran, Alih Bahasa: Yohanes Lamarto. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

________, (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, D. (2013). Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung: Refika Adiatama.

Swastha, Basu. (2011). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Badan Penerbit Universitas Terbuka.

Tjiptono, Fandy. (2014). Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andi Offset.

Umar, Husein. (2010). Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Wijaya, Toni. (2011). Manajemen Kualitas Jasa, Cetakan 1. Jakarta: PT Indeks.

Yuniarti, Vinna Sri. (2015). Perilaku Konsumen Teori dan Praktik. Bandung: Pustaka Setia


Article Metrics

Abstract view : 511 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Jurnal Manajemen

index by:

               

 

 Creative Commons License
Jurnal Manajemen is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.