Pengembangan Karakter Siswa Berbasis Siri’na Pacce Dalam Mengurangi Kenakalan Siswa SMA Negeri 14 Makassar
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akdon dan Riduwan, A. dan R. (2009). Aplikasi Statistika dan Metode Penelitian untuk Administrasi dan Manajemen. Bandung: Dewa Ruci.
Aswat, H., B, F., La Ode Onde, M. K., Sari, E. R., & Yansen, W. D. (2021). Analisis Iklim dan Budaya Sekolah di Masa New Normal terhadap Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Lokal Po-5 Sejak Dini. Jurnal Basicedu, 6(1), 287–297. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1897
Azwar, S. (2010). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fathonah, Z., & Halwa, H. (2022). PENANAMAN NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL BUDAYA GAYO SUMANG PERCERAKEN (PERKATAAN) SEBAGAI UPAYA PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER.
Hamid, H., Farid, Z. A, F., Z. A., Lopa, M., & Salombe, C, S., C. (2007). Siri’& pesse: Harga diri manusia Bugis, Makassar, Mandar, Toraja. Makassar: Pustaka Refleksi.
Hasanah, M. (2022). IMPLEMENTASI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN IPS.
Hendayani, M. (2019). Problematika Pengembangan Karakter Peserta Didik di Era 4.0. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 183. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.368
Hidayat, A. G., & Haryati, T. (2020). Implementasi Pembinaan Karakter Religius Berbasis Kearifan Local Maja Labo Dahu Pada Peserta Didik Sekolah Dasar di Kabupaten Bima. 4(3).
Juma, D. (2014). Suku bugis pewaris keberanian leluhur. Makassar: Arus Timur Enak dibaca dan Berkah.
Kartono, K. (2014). Patologi Sosial 2: Kenakalan Remaja. Jakarta: Rajawali Pers.
Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). (n.d.). https://www.kpai.go.id.
Lickona, T. (2012). Education For Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility. Jakarta: Bumi Aksara.
Liputan6. (n.d.). [Liputan6.com]. https://www.liputan6.com.
Masnur, M. (2011). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Mujiburrahman, M. (2022). PENDIDIKAN KARAKTER SISWA BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI ACEH. Proceedings of International Conference on Islamic Studies, 01.
Ruyadi, Y. (2019). MODEL PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KEARIFAN BUDAYA LOKAL (Penelitian terhadap Masyarakat Adat Kampung Benda Kerep Cirebon Provinsi Jawa Barat untuk Pengembangan Pendidikan Karakter di Sekolah).
Sarwono. S. W., Sarwono. S. W. (1995). Teori-teori psikologi sosial. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Subaedah, S., Banna, A., Abdullah, N., & Multazam, A. M. (2021). Keefektifan Model Pembelajaran Konstruktivis Berbasis Ugi (Siri ’Na Pesse) untuk Meningkatkan Karakter Siswa. Education and Learning Journal, 2(1), 57. https://doi.org/10.33096/eljour.v2i1.94
Subawa, P., & Mahartini, K. T. (2020). ISSN: 2722-6638 KONSENTRIS PARADIGMA PENDIDIKAN KARAKTER THOMAS LICKONA PADA SEKOLAH. 1(2).
Sugiyono, S. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Willis, S. S. (2014). Remaja dan masalahnya: Mengupas berbagai bentuk kenakalan remaja narkoba, free sex dan pemecahannya (Cetakan 5). Bandung: Alfabeta.
Article Metrics
Abstract view : 111 times | PDF view : 18 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
View My Stats