PELATIHAN STRATEGI PENANGANAN TANTRUM PADA ANAK USIA DINI BAGI PEKERJA SOSIAL UPT PPRSA INANG MATUTU
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(6) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Tantrum merupakan kondisi ledakan emosi yang umum dialami oleh anak-anak prasekolah yaitu mengekspresikan kemarahan mereka dengan cara menangis, menjerit- jerit, melempar barang, berguling dilantai dan tindakan agresif lainnya. Perilaku tantrum merupakan perilaku yang normal jika terjadi pada anak yang berusia 15 bulan sampai 6 tahun. Perilaku tantrum yang tidak diatasi dapat membahayakan fisik anak, membuat anak kehilangan kontrol, menjadi lebih agresif, dan mengakibatkan anak tidak mampu beradaptasi dengan lingkungan luar. Orang tua atau pengasuh perlu merespon perilaku tantrum secara tepat dan proporsional agar tidak berdampak negatif terhadap perkembangan anak. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan meningkatkan keterampilan para pekerja sosial Inang Matutu dalam dalam menghadapi anak tantrum. Partisipan dalam pengabdian ini berjumlah 16 orang yang merupakan para pekerja sosial di Inang Matutu. Adapun tahapan yang dilakukan dalam kegiatan pengabdian ini adalah melakukan analisis situasi, identifikasi masalah, menentukan tujuan, merumuskan rencana pemecahan masalah, melakukan pendekatan sosial, dan evaluasi. Adapun metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah pretest-posttest design, sharing knowledge dan role play. Materi yang dipaparkan dalam kegiatan pengabdian ini terkait definisi tantrum, penyebab tantrum, ciri-ciri tantrum, dan cara penanganan tantrum. Hasil pre test dan post test menunjukkan bahwa ada perubahan pemahaman oleh peserta pelatihan sebelum dan setelah menerima materi terkait tantrum. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pelatihan yang dilakukan efektif dalam meningkatkan pengetahuan peserta pelatihan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Idhayanti, R. I., Winarsih, S., Masini, Sarwono, B., Agustina, R., Safitri, S., & Nurjanah, A.
S. (2022). Cegah Tantrum Pada Anak Melalui Pendampingan Ibu Balita. Jurnal LINK,
(1), 37-42.
Imsyama, D. F. (2021). Anti Stress Hadapi Anak Tantrum. Yogyakarta: Noktah.
Jiu, C. K., Hartono, Amelia, L., Surtikanti, Gusmiah, T., Wuriani., & Putra, G. J. (2021).
Perilaku Tantrum Pada Anak Usia Dini di Sekolah. Jurnal Pelita PAUD, 5(2), 262-
Murdjito, G. (2012). Metoda Pengabdian Kepada Masyarakat. Slideshare 1-5
https://www.slideshare.net>fitri Riyanto
Mah, R. (2008). The One-Minute Tempet Tantrum Solution: Strategies for Responding to
Children's Challenging Behavior. Corwin Press.
Nevid, J. S. (2020). Perkembangan Anak: Konsepsi dan Aplikasi Psikologi. (M. Chozim,
Penerj.) Nusamedia.
Pantley, E. (2007). The No-Cry Discipline Solution: Gentle Ways to Encourage Good
Behavior Without Whining, Tantrums, &Tears. McGraw-Hill.
Rokhmiati, E., & Ghanesia, H. (2019). Tantrum Pada Anak Usia Pra Sekolah. CENDEKIA
UTAMA: Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat, 8(1), 92-103.
Seni, P., & Fariza, D. (2017). Perilaku Tantrum Pada Anak TK Rahmat Al-Falah. Suluh
Jurnal Bimbingan Konseling, 3(1), 6-11.
Suhadianto, & Ananta, A. (2021). Pelatihan Menghadapi Perilaku Tantrum Pada Anak di
Paud Kartini Sidoarjo. Jurnal Pengabdian Nasional, 01(02), 15-22.
Wiresti, R. D., & Na’imah. (2020). Aspek Perkembangan Anak : Urgensitas Ditinjau dalam
Paradigma Psikologi Perkembangan Anak. Aulad : Journal on Early Childhood, 3(1),
-44.
Article Metrics
Abstract view : 91 times | PDF view : 39 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Eka Sufartianinsih Jafar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Published by:
Fakutas Psikologi Universitas Negeri Makassar
Office:
Gedung BM, LT 2 Fakultas Psikologi, Kampus Gunung Sari baru. Jalan A.P Pettarani, Kota Makassar Propinsi Sulawesi Selatan, Pos 90222.