TEAM BUILDING GAMES SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI TEAM WORK PADA KARYAWAN KANTOR TELKOM WITEL MAKASSAR

Muh. Alif Ulif Absar Syukur(1), Rahmawati Syam(2*), Muh Raflian Sudiar(3), Andi Alya Fitriani(4), Syamsul Bakhri Gaffar(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jk.v1i1.38194

Abstract


Tujuan dari kegiatan pelaksanaan games team building ini adalah untuk membantu karyawan dalam meningkatkan kompetensi kerjasama kelompok yang bermanfaat untuk menciptakan sinergitas karyawan ketika bekerja. Pengumpulan data kegiatan games team building menggunakan metode observasi, data yang didapat akan dicatat menggunakan metode tally ketika perilaku yang ingin diukur muncul. Kegiatan ini diadakan pada kantor Telkom Witel Makassar. Kegiatan ini diikuti oleh 18 Karyawan laki-laki dan perempuan kantor Telkom Witel Makassar yang dibagi menjadi tiga kelompok. Hasil dari kegiatan terlihat bahwa sebagian besar indikator pada aspek yang ingin diukur muncul. Pada aspek berpikir positif, indikator yang ingin diukur muncul pada semua karyawan. Kemudian pada aspek pengambilan keputusan ketiga indikator yang diinginkan muncul pada semua karyawan. Namun pada aspek pemecahan masalah, hanya sedikit karyawan yang memunculkan ketiga indikator yang diukur.


Full Text:

PDF

References


Hadipranata, A. F., Sudardjo. (1999). Pengaruh Pembentukan Kelompok (Team Building) terhadap Etos Kerja dan Kontribusinya bagi Produktivitas Kerja insani. Jurnal Psikologi, No.1, hal 18-28

Haumahu, C.P. & Wenno, Y.H. (2021). Intervensi Team Building Training Untuk Mengingkatkan Kualitas Koordinasi dalam Teamwork. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1-2.

Ismara Ki. (2005). Out Ward Bound Games, Salah Satu Metode Dinamika Kelompok dalam Pengembangan Sumberdaya Manusia. Jurnal Berkala Ilmiah Berkala Psikologi, 7-1.

Keith, M.J., Anderson, G., Gaskin, J., & Dean, D.L. (2018). Team Video Gaming for Tea, Building: Effect on Team Performance. Jurnal AIS Transactions on Human-Computer Interaction, 10-4.

Sidiq, W & Abdullah, S.M. (2022). Effectiveness of Team Building Training Improving The Cohensiveness of The Working Group. Jurnal Psikostudia, 11-1.

Spencer, L.M & Spencer, S.M. (1993). Competency at Work, Model for Superior Performance. Canada: John Wiley & Sons.Inc.


Article Metrics

Abstract view : 693 times | PDF view : 244 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rahmawati Syam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by:

Fakutas Psikologi Universitas Negeri Makassar

Office:

Gedung BM, LT 2 Fakultas Psikologi, Kampus Gunung Sari baruJalan A.P Pettarani, Kota Makassar Propinsi Sulawesi Selatan, Pos 90222.