PKM PENINGKATAN DAYA JUANG PADA REMAJA BINAAN LEMBAGA RUMAH ZAKAT

Faradillah Firdaus(1), Nurfitriany Fakhri(2), Tri Sulastri(3*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jk.v1i1.36998

Abstract


Perubahan sistem pembelajaran menjadi daring sebagai respon terhadap pandemic covid 19 menuntut penyesuaian oleh berbagai pihak. Siswa menghadapi sejumlah masalah dalam masa transisi tersebut, sehingga dapat berdampak pada prestasi akademik di sekolah. Keberhasilan dalam menghadapi kesulitan yang dialami sangat terkait dengan daya juang ata kemampuan individu untuk bertahan dan mencari solusi yang tepat atas permasalahan yang dihadapi. Oleh karena itu, peningkatan daya juang pada remaja binaan rumah zakat makassar dilakukan agar para remaja yang masih berstatus sebagai siswa dapat menerapkannya untuk menangani berbagai kesulitan belajar yang dihadapi selama masa pandemic ini. Kegiatan ini diikuti oleh 37 siswa dari tingkat SMP dan SMA/SMK. Bentuk kegiatan berupa psikoedukasi terkait pentingnya daya juang dan strategi untuk meningkatkannya. Hasil kegiatan menunjukkan adanya perubahan pemahaman siswa dalam merespon kesulitan belajar yang dihadapi.


Full Text:

PDF

References


Ahyani, L. N. (2016). Meningkatkan adversity quotient (daya juang) pada anak anak panti asuhan melalui penguatan sosial support. Jurnal Psikologi Perseptual, 1(1).

Fakhri, N., & Buchori, S. (2022, April). Intrapersonal peacefulness in Indonesian adolescents. In 1st World Conference on Social and Humanities Research (W-SHARE 2021) (pp. 188-192). Atlantis Press.

Gusta, W., Gistituati, N., & Bentri, A. (2022). Analisis Adversity Quotient (AQ) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, 6(1), 64-70.

Hartosujono, H. (2017). Perilaku Adversity Quotient Mahasiswa Ditinjau Dari Locus of Control. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(1). https://doi.org/10.30738/sosio.v1i1.519

Kasim, M. I., Murdiana, S., & Fakhri, N. (2018). Pengaruh Stres Akademik Dan Kecanduan Internet Dengan Kualitas Tidur Pada Mahasiswa Di Kota Makassar. Proceedings of Psychology" Cyber Effect: Internet Influence on Human Life", 83-95.

Ningsih, W., yani, A. ., & wati, E. (2022). Tantangan Dan Kesulitan Guru, Orang Tua Dan Siswa Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka pada Era New Normal Pandemi Covid-19: Indonesia. Al-Mafahim: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 1-7. https://doi.org/10.53398/jm.v5i1.116

Noor, T. R. (2020). Mengembangkan Jiwa Keagamaan Anak (Perspektif Pendidikan Islam dan Perkembangan Anak Usia Dini). Kuttab, 4(2). https://doi.org/10.30736/ktb.v4i2.269

Prawanti, L. T., & Sumarni, W. (2020). Kendala pembelajaran daring selama pandemic covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 3, No. 1, pp. 286-291).

Robiatul Adawiyah, R. A. (2013). Kecerdasan Emosional, Dukungan Sosial dan Kecenderungan Burnout. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 2(2), 99–107. https://doi.org/10.30996/persona.v2i2.97

Safitri, R. A. N., & Nugraheni, N. (2020, December). Dampak covid-19 terhadap proses pembelajaran daring di sekolah dasar. In Prosiding Seminar Nasional IAHN-TP Palangka Raya (No. 1, pp. 46-54).

Stoltz, P. G. (2000). Mengubah Hambatan Mjd Peluang. Grasindo.

Wegasari, K., Utomo, S., & Surachmi, W. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di SDN Cabean 3 Demak. Jurnal Penelitian, 15(1), 27.


Article Metrics

Abstract view : 120 times | PDF view : 30 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Faradillah Firdaus, Nurfitriany Fakhri, Tri Sulastri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by:

Fakutas Psikologi Universitas Negeri Makassar

Office:

Gedung BM, LT 2 Fakultas Psikologi, Kampus Gunung Sari baruJalan A.P Pettarani, Kota Makassar Propinsi Sulawesi Selatan, Pos 90222.