KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING DAN KESIAPAN PSIKOLOGIS PADA MAHASISWA PRAKTEK KERJA NYATA

Resekiani Mas Bakar(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jk.v1i1.36555

Abstract


Peralihan dari dunia kampus memasuki dunia industri membutuhkan kemampuan agar mampu beradaptasi dalam menyelesaikan masalah dan kesiapan psikologi bagi para mahasiswa praktek kerja nyata (PKN). Pembekalan kemampuan problem solving dan kesiapan psikologis pada mahasiswa dalam melaksanakan PKN bertujuan untuk memberikan pengetahuan mengenai masalah yang akan dihadapi dan persiapan diri secara psikologis memasuki dunia revolusi industri 4.0. Peserta kegiatan pembekalan PKN berjumlah 295 orang yaitu mahasiswa tingkat semester 5 perguruan tinggi Politeknik Pariwisata Makassar. Durasi pelaksanaan kegiatan pembekalan berlangsung selama satu hari, dalam waktu tiga jam tiga puluh menit dengan serangkaian aktivitas kegiatan, yaitu penyampaian materi dengan metode ceramah dan sesi diskusi atau tanya jawab. Seluruh peserta kegiatan pembekalan menunjukkan keseriusan, keaktifan, dan antusiasme selama proses rangkaian kegiatan pembekalan PKN sebagai bekal persiapan diri menjalani praktek kerja nyata. Implikasi kegiatan pembekalan diharapkan mahasiswa menerapkan dalam kegiatan praktek kerja nyata, agar mampu bersaing dalam dunia industri yang semakin kompetitif. 

Full Text:

PDF

References


Gudanowska, A. E., Alonso, J. P., & Törmänen, A. (2018). What competencies are needed in the production industry? The case of the Podlaskie Region. Engineering Management in Production and Services, 10(1), 65–74. https://doi.org/10.1515/emj-2018-0006

Kailani, S., Newton, R., & Pedersen, S. (2019). Game-based learning and problem-solving skills: A systematic review of the literature. Proceedings of EdMedia & Innovate Learning, 1(1), 1127–1137. https://www.learntechlib.org/p/210119/

Khoiriyah, A. J., & Husamah, H. (2018). Problem-based learning: Creative thinking skills, problem-solving skills, and learning outcome of seventh grade students. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 4(2), 151–160. https://doi.org/10.22219/jpbi.v4i2.5804

Kurniawan, M. U. (2020). Analisis kesiapan kerja mahasiswa di era revolusi industri 4.0 ditinjau dari soft skills mahasiswa. Equilibrium: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 8(2), 109–114. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v8i2.7108

Maulidah, E. (2019). Character building dan keterampilan abad 21 dalam pembelajaran di era revolusi industri 4.0. Seminar Nasional PGSD, 1(1), 138–146.

Rachmawati, R., & Sulianti, W. M. (2019). Kesiapan mahasiswa tingkat akhir menghadapi dunia kerja ditinjau dari konsep diri dan kompetensi yang dimiliki. Psikovidya, 22(2), 190–196. https://doi.org/10.37303/psikovidya.v22i2.112

Santrock, J. W. (2012). Educational psychology. University of Texas at Dallas.

Sternberg, R. J., & Sternberg, K. (2012). Cognitive psychology. Nelson Education.

Maisiri, W., Darwish, H., Van Dyk, L. (2019). An investigation of industry 4.0 skills requirement. South African Journal of Industrial Engineering, 30(3), 156–169. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.7166/30-3-2230

Yang, Y. T. C. (2012). Building virtual cities, inspiring intelligent citizens: Digital games for developing students’ problem solving and learning motivation. Computers and Education, 59(2), 365–377. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2012.01.012


Article Metrics

Abstract view : 161 times | PDF view : 48 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Resekiani Mas Bakar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by:

Fakutas Psikologi Universitas Negeri Makassar

Office:

Gedung BM, LT 2 Fakultas Psikologi, Kampus Gunung Sari baruJalan A.P Pettarani, Kota Makassar Propinsi Sulawesi Selatan, Pos 90222.